Analisis Strategi Guru Dalam Mengembangkan Pemahaman Konsep IPA Pada Siswa di Kelas IV

Authors

  • Kiki Merasanti STKIP Melawi, Indonesia
  • Septian Peterianus STKIP Melawi, Indonesia
  • M Akip STKIP Melawi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/jppsd.v2i2.2131

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Mengembangkan, Pemahaman Konsep IPA

Abstract

Abstract: This research is motivated by the difficulty of grade IV elementary school students in developing an understanding of science concepts. The study aims to determine teacher strategies in developing understanding of science concepts in grade IV students of SDN 14 Kelakik. The method in this study uses qualitative research with a case study approach. The subjects in this study were grade IV elementary school teachers.The object in this study is the teacher's strategy in   developing  an understanding of  science  concepts in students in grade IV. The research instrument uses interview sheets, observation sheets and documentation guidelines. Data collection techniques use interviews,observation and documentation. Data analysis techniques include data   reduction, data presentation and conclusions. Data validity using tricoagulation techniques. The results of  the study  found  that  the teacher's strategy in developing an   understanding of science  concepts in students  is  to use a   direct learning   strategy , namely  a learning strategy    using  an approach  teaching and can  assist  students  in  learning  basic  skills  andgaining  knowledge.Then individual learning    strategies are  strategies that can  organize  teaching  and  learning  activities  in such a  way  that  each  student  gets  more  attention  from    on which can be  given in   the framework  of managing  learning  in large  groups of students. Group learning strategy is a presentation of learning materials by means of students exchanging opinions on certain problems or topics to get conclusions or deal.  Deductive learning strategy,which is a learning strategy that is carried out  by  studying concepts then  looking for conclusions  and strasi  from abstract  to things   that are not good.

Keywords: Learning Strategy, Developing, Understanding Science Concepts. 

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi kesulitan siswa kelas IV sekolah dasar dalam mengembangkan pemahaman konsep IPA. Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam mengembangkan pemahaman konsep IPA pada siswa dikelas IV SDN 14 Kelakik. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas kelas IV sekolah dasar. Objek dalam penelitian ini strategi guru dalam mengembangkan pemahaman konsep IPA pada siswa di kelas IV. Instrument penelitian menggunakan lembar wawancara, lembar observasi dan pedoman dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triagulasi teknik. Hasil penelitian diperoleh bahwa strategi guru dalam mengembangkan pemahaman konsep IPA pada siswa adalah menggunakan strategi pembelajaran langsung yaitu strategi pembelajaran menggunakan pendekatan mengajar dan dapat membantu siswa dalam mempelajari keterampilan dasar dan memperoleh pengetahuan. Kemudian strategi pembelajaran individual yaitu strategi yang dapat mengatur kegiatan belajar mengajar sedemikian rupa sehingga setiap siswa mendapatkan perhatian lebih banyak dari pada yang dapat diberikan dalam rangka pengelolaan belajar dalam kelompok siswa yang besar. Strategi belajar kelompok yaitu suatu penyajian bahan pembelajaran dengan cara siswa bertukar pendapat mengenai masalah atau topik tertentu untuk mendapatkan kesimpulan atau kesepakatan. Strategi pembelajaran deduktif, yaitu strategi pembelajaran yang dilakukan dengan mempelajari konsep-konsep kemudian dicari kesimpulan dan ilustrasi dari abstrak menuju ke hal yang kongkret.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Mengembangkan, Pemahaman Konsep IPA.

References

Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA peserta didik di sekolah dasar. Educare, 90-97.(3)

Handayani, N., & Destrinelli, D. (2021). Jenis-Jenis Strategi Pembelajaran Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Nuranisa, A. (2021). Tujuan Pendidikan Nasional Berdasarkan Undang-undang, Pahami Lebih Dalam.

Purwono, F. H., Ulya, A. U., Purnasari, N., & Juniatmoko, R. (2019). Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method). GUEPEDIA.

Rohayati, I. (2016). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPA Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Bantarsoka Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Suhelli, S. (2018). Strategi guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran tematik pada MIN di Kota Banda Aceh. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 7(2).

Sukmadinata, S. N. (2015). Metode penelitia. Bandung: PT remaja rosdakarya.

Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. (2014). Pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(2).

Downloads

Published

2024-05-20

How to Cite

Merasanti, K., Peterianus, S., & Akip, M. (2024). Analisis Strategi Guru Dalam Mengembangkan Pemahaman Konsep IPA Pada Siswa di Kelas IV. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR, 2(2), 17–21. https://doi.org/10.46368/jppsd.v2i2.2131

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)