PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 13 NANGA PINOH

Natalia Natalia, Septian Peterianus, Lindai Dwi Saputri

Abstract


Abstract : This study aims to determine the effect of visual learning styles in improving student learning outcomes in fifth grade science learning at SDN 13 Nanga Pinoh. This type of research is quantitative research. The subjects in this study were fifth grade students at SDN 13 Nanga Pinoh, totaling 27 students. Data collection techniques used in this study were observation, written tests and documentation. The data analysis technique used is validity test, normality test, hypothesis testing, homogeneity. Student learning outcomes in the posttest are better than the pretest, where the success rate of students in the posttest is higher than the pretest. Based on the results of the pretest and posttest, it can be obtained that student learning outcomes are categorized as good and increase after participating in learning using visual learning styles. Based on the results of hypothesis testing with non-parametric statistical tests with the Wilcoxon test, it is known that the Asymp value. Sig. that is 0.001. Because the value of 0.001 <0.05, it can be concluded that the "Hypothesis is accepted". This means that there is a difference between science learning outcomes for the pretest and posttest, so it can also be concluded that "there is an effect of applying visual learning styles to science learning in improving student learning outcomes in class V SDN 13 Nanga Pinoh" Keywords: Effect of Visual Learning Style, Student Learning Outcomes Abtsrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Gaya Belajar Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN 13 Nanga Pinoh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 13 Nanga Pinoh yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji normalitas, uji hipotesis, dan uji homogenitas. Hasil belajar siswa pada posttest lebih baik dari pretest, dimana tingkat keberhasilan siswa pada posttest lebih tinggi dibandingkan pretest. Berdasarkan hasil pretest dan posttest dapat diperoleh bahwa hasil belajar siswa dikategorikan baik dan meningkat setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan gaya belajar visual. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji statistik non parametrik dengan uji Wilcoxon diketahui nilai Asymp. Sig. yaitu 0,001. Karena nilai 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis diterima”. Artinya ada perbedaan antara hasil belajar IPA untuk pretest dan posttest, sehingga dapat disimpulkan pula bahwa “ada pengaruh penerapan gaya belajar visual pada pembelajaran IPA dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 13 Nanga Pinoh” Kata Kunci: Pengaruh Gaya Belajar Visual, Hasil Belajar Siswa

Keywords


Pengaruh Gaya Belajar Visual, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Agusta, Ivanovich. (2003). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Bogor: Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian.

Anshori, Muslich, & Sri Iswati. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Edisi 1. Airlangga University Press.

Creswell, J.W. (2002). Desain Penelitian Pendekatan Kualitatif & Kuantitatif, Jakarta: KIK.

Harlyan, L. I. (2012). Uji Hipotesis. Statistik (MAM4137). University of Brawijaya.

Martono, Nanang. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Raja Grafindo Persada.

Nasehudin, Toto Syatori, & Nanang Gozali. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: CV Pustaka Setia.

Nurrita, Teni. (2018). "Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa." MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah. Volume 3, Nomor 1. Hal: 171-210.

Pratama, Frandy, Firman Firman, & Neviyarni Neviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 1, Nomor 3. Hal: 280-286.

Prasetyo, Bambang, & Lina Miftahul Jannah. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sundayana, Rostina. (2016). Kaitan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Dalam Pelajaran Matematika." Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 5, Nomor 2. Hal: 75-84.

Supardi, Kanisius. (2017). Media Visual dan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar." JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar) Volume 1, Nomor 2. Hal: 160-171.

Tias, Ika W. Utamining. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar." Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik. Volume 1, Nomor 1.

Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Budi Utama.

Widayanti, Febi Dwi. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas." Erudio Journal of Educational Innovation. Volume 2, Nomor 1.




DOI: https://doi.org/10.46368/jppsd.v2i1.1897

Article Metrics

Abstract view : 19 times
PDF - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.