Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Kelas IV SDN 01 Nanga Pinoh

Authors

  • Sovia Lestari STKIP Melawi, Indonesia
  • Septian Peterianus STKIP Melawi, Indonesia
  • Wahyu Septiadi STKIP Melawi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/jppsd.v3i2.3909

Keywords:

Kesulitan Belajar, Siswa, Pembelajaran Matematika.

Abstract

Abstract: This research aims to find out how students have difficulty learning in mathematics learning. The research method used is qualitative research. The results of research conducted at Nanga Pinoh 01 State Elementary School are that students' difficulties in learning mathematics include: 1) difficulties understanding concepts, 2) difficulties for students not memorizing multiplication, 3) difficulties in calculating, external factors for learning difficulties consist of parents and family lack of parental attention to children's learning habits at home. However, the difficulties in learning mathematics found in this research were that there were a small number who still experienced difficulties learning mathematics. Keywords: Learning Difficulties, Students, Mathematics Learning. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesulitan siswa belajar pada pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 01 Nanga Pinoh adalah Kesulitan siswa belajar matematika meliputi: 1) kesulitan memahami konsep, 2) kesulitan siswa kurang hafal perkalian, 3) kesulitan dalam berhitung, faktor eksternal kesulitan belajar terdiri dari orang tua dan keluarga kurangnya perhatian orang tua terhadap kebiasaan belajar anak di rumah. Namun kesulitan belajar matematika yang ditemukan dalam penelitian ini adalah terdapat Sebagian kecil yang masih mengalami kesulitan belajar matematika. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Siswa, Pembelajaran Matematika.

References

Amalia, D. R., Faizal Chan, & Muhammad Sholeh. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Operasi Hitung Perkalian Pada Pembelajaran Matematika di kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1349–1358.

Dwiyono, Y., & Tasik, H. K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Perkalian Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 019 Samarinda Ulu. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, 1, 175–190.

Eviliasani, K., Hendriana, H., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Smp Kelas Viii Di Kota Cimahi Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 333. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p333-346

Halfi, R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pengoperasian Perkalian Melalui Metode Horizontal Bagi Anak Tunarungu. E-JUPEKhu, 1(2), 112–125.

Kholifah, U., Hanifah, H., Siagian, T. A., & Utari, T. (2021). Analisis Soal Matematika Ujian Akhir Semester Ganjilditinjau Dari Aspek Kognitif Pada Siswa Kelas Vii Smp Ngeri 13 Mukomuko Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(1), 99–110. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.1.99-110

Nurhasanah, & Satriadi. (2020). Kesulitan Belajar Dan Faktor Penyebabnya Pada Siswa Smp Sabilal Akhyar Kwala Gumit. STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Binjai, 5(3), 248–253.

Sabaruddin, S., Suzana, Y., Abidin, Z., & Juliana, J. (2020). Pembelajaran Matematika dan Internalisasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(3), 168–181. https://doi.org/10.23960/mtk/v8i2.pp168-181

Septiani, Y., Aribbe, E., & Diansyah, R. (2020). Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Sevqual (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru). Jurnal Teknologi Dan Open Source, 3(1), 131–143. https://doi.org/10.36378/jtos.v3i1.560

Utami, A. P. (2019). Kesulitan Belajar: Gangguan Psikologi pada Siswa dalam Menerima Pelajaran. Jurnal Pendidikan IPA, 2(2), 92–96. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/Scedu/article/view/15060

Sugiyono (2022) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfaberta

Downloads

Published

2025-05-21

How to Cite

Lestari, S., Peterianus, S., & Septiadi, W. (2025). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Kelas IV SDN 01 Nanga Pinoh. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR, 3(2), 32–28. https://doi.org/10.46368/jppsd.v3i2.3909

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.