Analisis Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SDN 09 Tanjung Lay

Authors

  • Laorensiana Holanda STKIP Melawi, Indonesia
  • Septian Peterianus STKIP Melawi, Indonesia
  • Aprima Tirsa STKIP Melawi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/jppsd.v2i3.2773

Keywords:

Strategi Guru, Membaca Permulaan.

Abstract

Abstract: This research aims to describe teacher strategies for overcoming initial reading difficulties in class II students at the 09 Tanjung Lay state elementary school. Qualitative reseach method with a qualitative descriptive reseach type with a case study approach the research instruments used were observation sheets, interview sheets, and documentation, the reseach subjects were teachers and students, the research object was the teacher strategy to overcome early reading difficulties in class II students research data used techniques data collection data analysis and data processing. Data processing with data editing classification, verification, and conclusions. The results of the research show that the implementation of the learning process, especially initial reading in class II, is quite good because almost some of the students are already fluent in reading, although there are some who still falter in initial reading. Can be concluded that the teacher strategy in the learning process is an effort to overcome children initial reading difficulties so that students can begin reading well.

Keywords: Teacher Strategy, Reading beginning

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan strategi guru mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 09 Tanjung Lay. Metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa. Objek penelitian yaitu strategi guru mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas II. Data penelitian menggunakan teknik pengumpulan data, analisis data, dan pengolahan data. Pengolahan data dengan pengeditan data, klasifikasi, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan dalam pelaksanaan proses pembelajaran terutama membaca permulaan di kelas II sudah tergolong baik, karena hampir Sebagian dari siswa sudah lancar dalam membaca, meskipun ada beberapa yang masih terbata-bata dalam membaca permulaan. Dapat disimpulkan bahwa strategi guru dalam proses pembelajaran, sebagai salah satu upaya untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan pada anak, agar siswa dapat membaca permulaan dengan baik.

Kata kunci: Strategi Guru, Membaca Permulaan.

References

Alfianti, R. A.,(2019). Model Pembelajaran Interaktif dan Keterampilan Sosial terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada pembelajaran sejarah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 4(7),938-943. https://doi.org/10.17977/jptpp.vv4i7.12636.

Aulina, C.N. (2016). Pengaruh permainan dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. PEDAGOGIA: jurnal Pendidikan.

Dramata, 2015. Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media big book pada siswa kelas I SD Negeri Delegan 2 Prambanan Sieman.

Gunawan, I., Ulfatin, N., Sultoni, S., Sunandar, A., Kusumaningrum, D. E., & Triwiyanto, T. (2017). Pendampingan penerapan strategi pembelajaran Inovatif dalam Implementasi Kurikulum 2013. Abdimas Pedagogi: jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Haniyah, L., Bektiarso, S., & Wahyuni, S. (2021). Model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) Disertai Metode Eksperimen Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 3(1)

https://doi.org/10.21070/pedagogiavli2.36

gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan menggunakan cerita fabel pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355-360. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.339

Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.19184/jpf. V3i1.101.

Puspitasari, D. (2015). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman cerita pendek melalui penerapan strategi directed reading thinking activity (DRTA) pada siswa kelas V SD Negeri I Rabakkabupaten Purbalingga. Metafora, 2(1)

Sanjaya,. 2013. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses Pendidikan. Jakarta: kencana prenada media.

Sudirah (2020). Penerapan metode intruksi langsung (direct instruction) dalam system pembelajaran untuk meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas 3 SD. Indonesian Science Education Journal, 1(2), 97-108. https:/siducat.org/index.php/isej/article/view/49

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Holanda, L., Peterianus, S., & Tirsa, A. (2024). Analisis Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SDN 09 Tanjung Lay. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR, 2(3), 29–34. https://doi.org/10.46368/jppsd.v2i3.2773

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)