Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Kedisplinan Pada Anak di Desa Melawi Kiri Hilir
DOI:
https://doi.org/10.46368/jppsd.v2i3.2767Keywords:
Pola Asuh, Orangtua, Disiplin.Abstract
Abstract: The research is based on the parenting model of parents in instilling discipline in children. The purpose of this study is to describe parenting patterns in instilling discipline in children in Melawi Kiri Hilir Village, North Pinoh District. The study used qualitative methods with a descriptive approach. This type of research uses case studies. The research subjects are parents of students and the object of research is the role of parenting in the discipline of children in Melawi Kiri Hilir Village. The research instrument used interview sheets and documentation. Data processing techniques include data reduction, data presentation and data verification. To check the validity of the research data, the researchers used source triangulation. The results of the study found that parenting patterns in instilling discipline in children in Melawi Kiri Hilir Village, Melawi Regency, namely applying authoritarian parenting by applying discipline elements such as: 1) The existence of rules in the family; In educating children's discipline, strict rules are needed so that children know when to study, play and worship. The existence of rules, children know their limits in behavior. 2) There is punishment; Punishment is used so that children do not repeat wrong actions and are not accepted by their environment. The existence of punishment makes children know what is right and wrong, so that children will avoid actions that cause punishment.
Keywords: Parenting, Parents, Discipline
Â
Abstrak: Penelitian didasarkan pada model pola asuh orang tua dalam menanamkan kedisplinan pada anak. Tujuan penelitian mendiskripsikan pola asuh orang tua dalam menanamkan kedisplinan pada anak di Desa Melawi Kiri Hilir Kecamatan Pinoh Utara. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian menggunakan studi kasus. Subjek penelitian yaitu orangtua siswa dan objek penelitian adalah peran orangtua pola asuh dalam kedisplinan pada anak di Desa Melawi Kiri Hilir. Instrumen penelitian menggunakan lembar wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Untuk mengecek keabsahan data hasil penelitian peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian diketahui bahwa pola asuh orang tua dalam menanamkan kedisiplinan anak di Desa Melawi Kiri Hilir Kabupaten Melawi yaitu menerapkan pola asuh otoriter dengan menerapkan unsur-unsur disiplin seperti: 1) Adanya peraturan dalam keluarga; Dalam mendidik kedisiplinan anak diperlukan suatu peraturan yang tegas supaya anak mengetahui waktu belajar, bermain dan menjalankan ibadah. Adanya peraturan, anak mengetahui batas-batas mereka dalam bertingkah laku. 2) Adanya hukuman; Hukuman digunakan supaya anak tidak mengulangi perbuatan yang salah dan tidak diterima oleh lingkungannya. Adanya hukuman membuat anak mengetahui tindakan yang benar dan salah, sehingga anak akan menghindari perbuatan yang menimbulkan hukuman.
Kata Kunci: Pola Asuh, Orangtua, Disiplin.
References
Adawiah, R. (2017) Pola Asuh Orangtua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 7, Nomor 1, Mei 2017, 33-48.
Agency, B., Tridhonanto, A. (2014) Mengembangkan Pola Asuh Demokratis (Al. Tridhonanto dan Beranda Agency, ed.). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Arikunto, S. (2012) Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunarsa, Singgih. (2002) Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta: Gunung Mulia.
Guntur, A.N, Kasmawanti, A, Sudirman, M. (2018) Peran Orangtua Dalam Menanamkan Sikap Disiplin Anak Di Desa Kalimporo Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Jurnal Tomalebbi. Volume V, Nomor 1. Hal 143 – 154.
Kartono (2000) Psikologi Abnormal. Bandung: Bandar Maju
Lumenta, N, Wungouw, S.I.H, Karundeng M. (2019) Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kematangan Emosi Remaja Di SMAN 1 Sinonsayang. E-Journal Keperawatan (e-Kp). Volume 7 Nomor 1. Hal 1 – 8.
Sugiyono. (2016) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.