Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I SDN 13 SP III Trans Nobal
DOI:
https://doi.org/10.46368/jppsd.v3i1.3346Keywords:
Media Gambar, Kemampuan Menulis, Bahasa IndonesiaAbstract
Abstract: The problem in this research is the studenns low initial writing skills in Indonesia language learning in grades I SDN 13 SP III Trans Nobal. This study aimed to determine whether media image could improve students initial writing skills in Indonesian language learning. This tipe of research is Classroom Action Research with research subjects of class I SDN 13 SP III Trans Nobal, totaling 18 students. The Research instruments in this study were teacher assessment sheets and question sheets for students. The object of this study was the use of media images to improve the ability to select the beanning in learning Indonesian for class 1 students of SDN 13 SP III Trans Nobal. Based on the results of the study, the percentage of students writing ability tests in cycle I was 61,1% and cycle II 100% Improved results. Student tests from cycles I and II of 38,9%. Thus it can be concluded that, there is an increase in initial writing ability after using picture media.
Keywords: Media Pictures, Ability to Write, Indonesian.
Â
Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis permulaan siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SDN 13 SP III Trans Nobal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas I SDN 13 SP III Trans Nobal yang berjumlah 18 orang siswa. Instrumen penilaian di penelitian ini adalah lembar penilaian guru dan lembar soal untuk siswa. Objek pada penelitian ini adalah penggunaan media gambar untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I SDN 13 SP III Trans Nobal. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persentase hasil tes kemampuan menulis siswa, pada siklus I 61,1% dan siklus II 100%. Peningkatan hasil tes siswa dari siklus I dan II sebesar 38,9%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, terdapat peningkatan kemampuan menulis permulaan setelah menggunakan media gambar.
Kata Kunci: Media Gambar, Kemampuan Menulis, Bahasa Indonesia.
References
Ali, Muhammad. 2021. “Peningkatan Kemampuan Membaca dan menulis Permulaan Dengan Media Gambar Untuk Kelas 2 Pada SDN 93 Palembang.†Jurnal PAUD, Vol.4 No. 1
Alwiyah, Ani Robiatul. 2018. “Model Inkaber sebagai Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar.†Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 5 No. 2
Arikunto. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Fauzi, Ahmad. 2013. “Evaluasi Pendidikan: Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan di Sekolahâ€. Malang: UIN-Maliki Press
Fikri, Azmmi. 2021. “Penerapan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.†Jurnal Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III SEMNARA
Hidayah, Wahni. 2016. “Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Menggunakan Buku Harian Siswa Kelas I A SDN Plebengan Sidomulyo Bantul Tahun 2015/2016.†Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 28 Tahun ke-5.
Idris, Muhamad. 2014. “Pemanfaatan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD Inpres Salabenda.†Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 11
Mustikowati, Dewi. 2016. “Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS).â€Jurnal Of Teaching And Learning Research Vol. 1, No. 1.
Nuryamah, Ida. 2016. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Dalam Melengkapi Cerita Rumpang Menggunakan Media Gambar Dan Papan Bergaris.†Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No, 1.
Salahudin. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung Pustaka Setia.
Samrati. 2019. “Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas I SDN Boyomoute Kecamatan Liang.†Jurnal Kreatif Online, Vol. 7 No. 4.
Zahra, Siti, dkk. 2021. “Penerapan Language Experience Approach Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas II SD Negeri Siem.†Jurnal Ilmiah Mahasiswa Volume 2, Nomor 1.