Analisis Keterampilan Menulis Puisi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 10 Tanjung Paoh

Authors

  • Neti Susanti STKIP Melawi, Indonesia
  • Asep Eka Nugraha STKIP Melawi, Indonesia
  • Aprima Tirsa STKIP Melawi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/jppsd.v3i2.3867

Keywords:

Analisis, Keterampilan Menulis, Puisi, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Abstract: This study aims to determine students' poem writing skills in Indonesian. The method used is qualitative. This research was conducted in class IV SDN 10 Tanjung Paoh. The subjects this study is students and teacher class IV. The object of this research is the poems writing skills of fourth grade students in Bahasa Indonesia. The research procedure includes the preparation stage, the implementation phase, and the final phase. Data collection techniques using observation techniques, interviews techniques, and documentation techniques. The research instrument uses interview sheets, observation sheets, and documentation. Data processing techniques are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Checking the validity of the data using technical triangulation. The results showed that the skills of writing poems in class IV students in learning Indonesian were still not capable because students still found it difficult to determine each of the indicators in writing poems.

Keywords: Analysis, Writing Skills, Poem, Learning Indonesian.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis puisi siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan yaitu kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 10 Tanjung Paoh. Subjek penelitian adalah siswa dan guru IV. Objek penelitian ini yaitu keterampilan menulis puisi siswa kelas IV pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosedur penelitian melalui tahap persiapan, pelaksanaan, dan tahap akhir. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data penelitian melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV pada pembelajaran bahasa indonesia masih belum mampu karena siswa masih merasa kesulitan menentukan setiap indikator-indikator yang ada dalam menulis puisi.

Kata Kunci: Analisis, Keterampilan Menulis, Puisi, Pembelajaran Bahasa Indonesia.

References

Barutu. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menulis Teks Pengumuman Menggunakan Bahasa Efektif di Kelas IV SD Negeri 067243 Medan Selayang TA 2020/2021 (Doctoral Dissertation, Universitas Quality).

Fadhillah, D. (2019). Pengaruh Metode Tebak Kata Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SD Negeri Cibodas Kota Tanggerang. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahsa Indonesia, Daerah dan Asing. 2(1), 132-142.

Handayani, B. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menulis Puisi Serta Implikasinya Dalam Pengajaran Bahasa Di Kelas IVA SD Negeri Banjarsari 5 Tahun Ajaran 2018/2019. Volume 7. Kalimaya.

Kurniawan, D. (2018). Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri 2 Margamulya Lampung Selatan. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya). 6(4), 1-8.

Madarudin, Sada, C., & Burhan, (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Gelata Kecamatan Sokan. Jurnal Pendidikan Dasar. 2(1), 21-26.

Astuti, P., Mulawarman, W. G., & Rokhmansyah, A. (2018). Ketidakadilan Gender Terhadap Tokoh Perempuan Dalam Novel Genduk Karya Sundari Mardjuki: Kajian Kritik Sastra Feminisme. Jurnal Bahasa, Seni dan Budaya. 2(2), 105-114.

Sigit, W. (2013). Teknik Menulis Puisi. Jakarta: Graha Ilmu.

Wahyuni, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia Kelas IV Di SD/MI (Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung

Yani, A. (2021). Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani. Ahli Media Book.

Zahro, A.U., Noermanzah, & Syafryadin. (2020). Penggunaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Dari Segi Umur, Jenis Kelamin, Jenis Kosakata, Sosial Ekonomi Orang Tua dan Pekerjaan Orang Tua. Prosiding Seminar Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Downloads

Published

2025-05-26

How to Cite

Susanti, N., Nugraha, A. E., & Tirsa, A. (2025). Analisis Keterampilan Menulis Puisi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 10 Tanjung Paoh. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.46368/jppsd.v3i2.3867

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)