Analisis Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 06 Emang Bemban
DOI:
https://doi.org/10.46368/jppsd.v2i2.2132Keywords:
Kedisiplinan, Belajar dan Siswa.Abstract
Abstract: The purpose of this thesis is to describe how the Analysis of Learning Discipline for Class V Students at the 06 emang Bemban. State Elementary School. This research uses qualitative research methods, and in the process of collecting data, researchers use the methods of observation, interviews and documentation. As for the analysis, the researcher used descriptive qualitative analysis techniques, namely data reduction, data presentation, and verification. The results of this study were through observation, interviews with school principals, class teachers and class V teachers in instilling Learning Discipline in Class V students as a whole, so that students can become children who are disciplined in appearance, and disciplined in behavior.
Keywords: Discipline, Learning and Students.Â
Abstrak: Tujuan Skripsi ini mendiskripsikan tentang bagaimana Analisis Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 06 Emang Bemban. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, serta dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini yang melalui observasi, wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas dan siswa kelas V guru dalam menanaman Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas V secara menyeluruh, sehingga peserta didik dapat menjadi anak yang desiplin dalam berpenampilan, serta disiplin dalam berperilaku.
Kata Kunci: Kedisiplinan, Belajar dan Siswa.References
Ali Imron. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.â€jurnal kreatif universitas pakuan.
Ariwibowo, A.(2014). Penanaman nilai disiplin disekolah Dasar Negeri Suryowija yogyakarta. Jurnal manajemen pendidikan.
Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Buchari Alma, dkk. (2010). Pembelajaran Studi Sosial. Bandung: Alfabeta.
Burhanuddin dan Esa Nur wa. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Dolet Unaradjan. (2011). Manajemen Disiplin. Jakarta: PT. Grasindo.
Furqon, (2010). Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Putaka.
Maman Rachman. (2011). Manajemen Kelas. Semarang: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan
Maria J. Wantah. (2010). Pengembangan Disiplin Dan Pembentukan Moral Pada Anak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muhammad Fadlillah dan Lilif Mualififatu Khorida. (2013). Pendidikan Karakter Anak. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Nawawi, H. (2012), Metode Penelitian Bidang Sosial