Peran Guru Dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Metode Assignment di Kelas II SDN 04 Gelata

Authors

  • Tri Herdianti STKIP Melawi, Indonesia
  • M Akip STKIP Melawi, Indonesia
  • Indria Susilawati STKIP Melawi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/jppsd.v3i2.3894

Keywords:

Peran Guru, Kemandirian Belajar, dan Metode Assignment.

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to establish learned independence for grade II students at SDN 04 Gelata, Sokan District, Melawi Regency, use the assignment method. The problem of this research was the low level of student learned independence. This research methodology uses a model accorded to Kurt Lewin which consists of 4 stages, namely planned, implementation, observation and reflection, which are carried out in two cycles through a learned implementation plan use the assignment method. The data collection technique used was the non-test technique. The tests given are in the form of observation sheets for learnied independence and learned delays. The analysis technique in this research was descriptive quantitative. The results showed that the learned independence of students in the first cycle, the total score of 1015 increased in the second cycle to 1520 with an average of 56.39, increasion to 84.4. And the lowest score was 40 and the highest score was 80. It increased in the second cycle to the lowest value of 73 and the highest value of 100. Based on the results of the study, it can be concluded that the teacher's role by applyed the assignment method can form independent learned in grade II students of SDN 04 Gelata. Keywords: Teacher's Role, Independent Learned, and Assignment Method. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk membentuk kemandirian belajar siswa kelas II SDN 04 Gelata Kecamatan Sokan Kabupaten Melawi, dengan menggunakan metode assignment. Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya kemandirian belajar siswa. Metodologi penelitian ini menggunakan model menurut Kurt Lewin yang terdiri dari atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, yang dilakukan dalam dua siklus melalui rencana pelaksanaan pembelajaran dengan metode assignment. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik nontes. Tes yang diberikan berupa lembar observasi kemandirian belajar dan keterlakanaan pembelajaran. Teknik analisis pada penelitian ini dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemandirian belajar siswa siklus I jumlah nilai 1015 meningkat disiklus II menjadi 1520 dengan rata-rata 56,39, meningkat menjadi 84,4. Dan nilai terendah sebesar 40 dan nilai tertinggi 80. Meningkat di siklus II menjadi nilai terendah sebesar 73 dan nilai tertinggi 100. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa peran guru dengan menerapkan metode assignment dapat membentuk kemandirian belajar pada siswa kelas II SDN 04 Gelata. Kata Kunci: Peran Guru, Kemandirian Belajar, dan Metode Assignment.

References

Haris, Abdul, 2013. Evaluasi Pebelajaran. Yogyakarta: Multi Persindo.

Kholid, Ibnu. 2017. Upaya Guru Dalam Membentuk Kemandirian Siswa (Studi Kasus di SD Negeri Bulupayung 02). Institut Agama Islam Negeri (Iain) Purwokerto.

Kusumah, Wijaya. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.

Lestari, Dwita. 2020. Upaya Guru Dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswa Di Kelas Iv Sd Negeri 143 Seluma. Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu 2020/1441

Muhammad. 2017. Penerapan Metode Assignment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Negeri 004 Tembilahan Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Universitas Riau Volume 6 Nomor 1, April – September 2017 ISSN: 2303-1514

Rita Ningsih & Nurrahmah. 2016. Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Rita. Universitas Indraprasta PGRI jurnal Formatif 6(1): Vol.1 No.3 Agustus.

Sugianto, Irfan. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Rumah. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya ISSN 2722-9475 (Cetak) Jurnal Inovasi Penelitian ISSN 2722-9467 (Online)

Siagian, Heltaria. 2020. Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Universitas Katolik Santo Thomas Medan Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 4 Tahun 2020 Halaman 1363 - 1369 Jurnal Basicedu Research & Learning in Elementary Education.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia.

Tim Penyusun Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2008) hlm. 625.

Uzer Usman. 2012. Menjadi Guru Profesional. Bandung, PT. Remaja Rosjdakarya.

Yulizon. 2017. Penerapan Metode Assignment Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Sdn 001 Kunto Darussalam. Jurnal Pendidikan FKIP Universitas Riau Volume 1 Nomor 1 Juli 2017 | ISSN Cetak: 2580 – 8435.

Downloads

Published

2025-05-13

How to Cite

Herdianti, T., Akip, M., & Susilawati, I. (2025). Peran Guru Dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Metode Assignment di Kelas II SDN 04 Gelata. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR, 3(2), 11–21. https://doi.org/10.46368/jppsd.v3i2.3894

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.