Pengaruh Pemberian Reward terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.46368/jppsd.v2i3.2764Keywords:
Reward, Motivasi Belajar, PPKnAbstract
Abstract: This study aims to evaluate the impact of reward implementation on student motivation in Civics Education. The method used is library research, gathering data from various literature sources. The results show that appropriate and relevant reward provision can enhance student motivation, strengthen the foundation of learning, and generate positive interest in Pancasila material. Rewards in the form of school supplies, verbal praise, chants, and warm touches from teachers have proven effective in creating enjoyable learning experiences and improving student performance. Wise and individualized reward implementation is key to successful PPKn education enhancement at the elementary level. Â
Keywords: Reward, Learning Motivation, Civics Education.
Â
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian reward yang tepat dan relevan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, memperkuat fondasi pembelajaran, dan membangkitkan minat positif terhadap materi Pancasila. Reward yang diterapkan dalam bentuk alat tulis, pujian lisan, yel-yel, dan sentuhan hangat dari guru, terbukti efektif dalam menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Implementasi reward yang bijaksana dan sesuai kebutuhan individu siswa menjadi kunci keberhasilan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn di tingkat sekolah dasar.
Kata Kunci: Reward, Motivasi Belajar, PPKn.References
Amelia, L., & Sonya, E. R. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi dengan Bimbingan Belajar. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(34), 62–69.
Andriana, E., & Rokmanah, S. (2023). PENGARUH REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS 1 SDN CINANGGUNG. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2456–2472. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2204
Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2019). Analisis dampak pemberian reward and punishment bagi siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19393
Arianti, A. (2019). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181
Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian: suatu pendekatan penelitian. Rineka Cipta.
Asmawati, M., Nurhasanah, N., & Jiwandono, I. S. (2020). Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Muatan Ppkn Kelas Iv Sdn Pemepek Kecamatan Pringgarata Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1289–1296. https://doi.org/10.47492/jip.v1i7.229
Astriyani, A., Triyono, T., & Hitipeuw, I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Tindakan Guru dengan Prestasi Belajar Siswa dengan Latar Belakang Broken Home Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 806–809.
Darmawati, J. (2013). pengaruh motivasi belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA negeri di kota Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 1(1), 79–90. https://doi.org/10.26740/jepk.v1n1.p79-90
Ernata, Y. (2017). Analisis motivasi belajar peserta didik melalui pemberian reward dan punishment di sdn ngaringan 05 kec. Gandusari kab. Blitar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 781–790. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v5i2.4828
Febianti, Y. N. (2018). Peningkatan motivasi belajar dengan pemberian reward and punishment yang positif. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 93–102. https://dx.doi.org/10.33603/ejpe.v6i2.1445
Gedion, O., Waridah, & Apasri, N. (2023). Peran Guru dalam Menanam Karakter Sopan Santun pada Mata Pelajaran PPKn Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Aria Dewangsa, 1(1). https://doi.org/10.46368/jppsd.v1i1.1006
Hasanah, A., Deswalantri, D., Iswantir, I., & Syam, H. (2022). Pengaruh Pemberian Reward terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTsS Bai’aturridhwan Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11245–11254. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4225
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103
Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., Suharsono, N., Ekonomi, J. P., & Ganesha, U. P. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1), 1–10.
Prapnuwanti, N. L. P., & Danuwanti, N. M. A. I. (2022). Pendidikan Karakter Generasi Berkualitas Berlandaskan Tri Hita Karana. Tampung Penyang, 20(1), 51–61. https://doi.org/10.33363/tampung-penyang.v20i1.840
Pusparani, M. (2021). Faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai (suatu kajian studi literatur manajemen sumber daya manusia). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 534–543. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.466
Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Risasongko, A. A., Fardani, M. A., & Riswari, L. A. (2023). Teknik Reward and Punishment dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 125–132.
Sandria, O., Syawaluddin, S., Hartati, S., & Syam, H. (2024). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Pasca Pandemi Covid-19 di MAN 1 Agam. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), 6–20. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v3i1.1416
Sarqawi, A., Ashari, A., Tambunan, R. S. P., Tuzahra, S., & Dhani, Z. N. (2023). Pengaruh Reward Terhadap Motivasi Anak Mengikuti Festival Anak Sholeh di Desa Karang Anyar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 10092–10102. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5911
Sawitri, J., Disurya, R., & Tanzimah, T. (2023). Hubungan Antara Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PKN SDN Talang Leban. Journal on Education, 6(1), 6164–6170. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3816
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh pemberian reward and punishment terhadap motivasi belajar bahasa indonesia siswa kelas tinggi di sekolah dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106–117. https://doi.org/10.36277/basataka.v3i2.93
Sumardi, L., & Herianto, E. (2024). MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 21 MATARAM DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PPKn. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 3001–3017. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12900
Suparmi, S., & Septiawan, V. (2019). Reward Dan Punishment Sebagai Pemicu Kinerja Karyawan Pada Pt. Dunia Setia Sandang Asli Iv Ungaran. Serat Acitya, 8(1), 51. http://dx.doi.org/10.56444/sa.v8i1.1134
Verawaty, V., & Izzati, I. (2020). Hubungan Pemberian Reward terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1278–1287. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.594
Zurohman, A., & Bahrudin, B. (2021). Peran PKn dalam Membentuk Warga Negara Berpancasila. Journal Civics and Social Studies, 5(1), 24–30. https://doi.org/10.31980/journalcss.v5i1.140.