ANALISIS NILAI–NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA

M Akip, Mastiah Mastiah, Siti Siti

Abstract


Abstact : The purpose of this study is to describe the values of character education in the novel Guru Aini by Andrea Hirata. This type of research is library research or Library Research. The approach used is a qualitative approach. 16 values of national character education contained in the novel "Guru Aini", which are then categorized into 3 criteria, namely the first value of character education between humans and God which includes the value of national character education 1. Religious (praying) 2. Religious (believing) secondly the value of education character between man and himself which includes the value of national character education 1. discipline, 2. creative, 3. hard work, 4. responsibility, 5. like to read. The three values of character education between humans and society include the values of national character education: 1. honesty, 2. curiosity. 3. social care, 4. Tolerance, 5. democratic, 6. friendly, 7. national spirit. In addition, the story contained in the novel "Guru Aini" raises new interesting situations for students. It is a reading that has a romance story wrapped in the struggles of a teacher and a student so that it can be used as compulsory reading for students and teachers.

Keywords: Character Education Values, Andrea Hirata's "Guru Aini" Novel.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai – nilai pendidikan karakter dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pustaka atau Library Research. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. 16 nilai pendidikan karakter bangsa yang terkandung dalam novel “Guru Aini”, yang kemudian dikategorikan kedalam 3 kriteria yaitu pertama nilai pendidikan karakter antara manusis dengan tuhan yang mencakup nilai pendidikan karakter bangsa 1. Religius (berdoa) 2. Religius ( beriman ) kedua nilai pendidikan karakter antara manusia dengan dirinya sendiri yang mencakup nilai pendidikan karakter bangsa 1. disiplin, 2. kreatif, 3. kerja keras, 4. tanggung jawab,5.  gemar membaca. Ketiga nilai pendidikan karakter antar manusia dengan masyarakat, yang mencakup nilai pendidikan karakter bangsa 1.  jujur, 2. rasa ingin tahu. 3.  peduli sosial, 4. Toleransi, 5. demokratis, 6. bersahabat, 7.  semangat kebangsaan. Selain itu kisah yang terdapat dalam novel “Guru Aini” memunculkan situasi baru yang menarik bagi peserta didik merupakan bacaan yang memiliki kisah romansa berbalut perjuangan seorang guru dan seorang murid sehingga dapat digunakan sebagai bacaan wajib bagi peserta didik dan guru.

Kata Kunci: Nilai – Nilai Pendidikan Karakter, Novel “Guru Aini” Andrea Hirata


Keywords


Nilai – Nilai Pendidikan Karakter, Novel “Guru Aini” Andrea Hirata.

Full Text:

PDF

References


Darji, Darmodiharjo, Shidarta. 2010. Pokok-pokok Filsafat Hukum. Jakarta: Gramedia Utama.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Lubis, Mawardi. 2008. Evaluasi Nilai Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Majid, Abdul, dkk. 2011. Pendidikan Karakter Persepektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Naim, Ngainun dan Sauqi, Achmad. 2008. Pendidikan Multikultural Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruz Media Group.

Purwanto, M. Ngalim. 2007. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Kurniawan, samsul 2013. Pendidikan Karakter Konsepsi & Implementasi Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Kusuma, Dharma, dkk. 2011. Pendidikan Karakter : Kajian Teori dan Praktek di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional.

Kosasih, E. 2014. Tata Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Sakti, Nawang. R “ Nilai pendidikan karakter novel bumi cinta karya Habiburrahmanel Shirazy dan relevansinya terhadap materi pembelajaran sastra di SMA “ https://eprints.uny.ac.id/44262/1/Reny%20Nawang%20Sakti_08201244034.pdf. Di unduh 16 juli 2020.

Yaumi, Muhammad. 2018. Pendidikan Karakter, Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group




DOI: https://doi.org/10.46368/jppsd.v2i1.1899

Article Metrics

Abstract view : 31 times
PDF - 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.