Analisis Strategi Guru Dalam Mengembangkan Pemahaman Konsep IPA Pada Siswa di Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.46368/jppsd.v2i2.2131Keywords:
Strategi Pembelajaran, Mengembangkan, Pemahaman Konsep IPAAbstract
Abstract: This research is motivated by the difficulty of grade IV elementary school students in developing an understanding of science concepts. The study aims to determine teacher strategies in developing understanding of science concepts in grade IV students of SDN 14 Kelakik. The method in this study uses qualitative research with a case study approach. The subjects in this study were grade IV elementary school teachers.The object in this study is the teacher's strategy in  developing an understanding of science concepts in students in grade IV. The research instrument uses interview sheets, observation sheets and documentation guidelines. Data collection techniques use interviews,observation and documentation. Data analysis techniques include data  reduction, data presentation and conclusions. Data validity using tricoagulation techniques. The results of the study found that the teacher's strategy in developing an  understanding of science concepts in students is to use a  direct learning  strategy , namely a learning strategy   using an approach teaching and can assist students in learning basic skills andgaining knowledge.Then individual learning   strategies are strategies that can organize teaching and learning activities in such a way that each student gets more attention from   on which can be given in  the framework of managing learning in large groups of students. Group learning strategy is a presentation of learning materials by means of students exchanging opinions on certain problems or topics to get conclusions or deal. Deductive learning strategy,which is a learning strategy that is carried out by studying concepts then looking for conclusions and strasi from abstract to things  that are not good.
Keywords: Learning Strategy, Developing, Understanding Science Concepts.ÂAbstrak: Penelitian ini dilatar belakangi kesulitan siswa kelas IV sekolah dasar dalam mengembangkan pemahaman konsep IPA. Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam mengembangkan pemahaman konsep IPA pada siswa dikelas IV SDN 14 Kelakik. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas kelas IV sekolah dasar. Objek dalam penelitian ini strategi guru dalam mengembangkan pemahaman konsep IPA pada siswa di kelas IV. Instrument penelitian menggunakan lembar wawancara, lembar observasi dan pedoman dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triagulasi teknik. Hasil penelitian diperoleh bahwa strategi guru dalam mengembangkan pemahaman konsep IPA pada siswa adalah menggunakan strategi pembelajaran langsung yaitu strategi pembelajaran menggunakan pendekatan mengajar dan dapat membantu siswa dalam mempelajari keterampilan dasar dan memperoleh pengetahuan. Kemudian strategi pembelajaran individual yaitu strategi yang dapat mengatur kegiatan belajar mengajar sedemikian rupa sehingga setiap siswa mendapatkan perhatian lebih banyak dari pada yang dapat diberikan dalam rangka pengelolaan belajar dalam kelompok siswa yang besar. Strategi belajar kelompok yaitu suatu penyajian bahan pembelajaran dengan cara siswa bertukar pendapat mengenai masalah atau topik tertentu untuk mendapatkan kesimpulan atau kesepakatan. Strategi pembelajaran deduktif, yaitu strategi pembelajaran yang dilakukan dengan mempelajari konsep-konsep kemudian dicari kesimpulan dan ilustrasi dari abstrak menuju ke hal yang kongkret.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Mengembangkan, Pemahaman Konsep IPA.
References
Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA peserta didik di sekolah dasar. Educare, 90-97.(3)
Handayani, N., & Destrinelli, D. (2021). Jenis-Jenis Strategi Pembelajaran Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Nuranisa, A. (2021). Tujuan Pendidikan Nasional Berdasarkan Undang-undang, Pahami Lebih Dalam.
Purwono, F. H., Ulya, A. U., Purnasari, N., & Juniatmoko, R. (2019). Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method). GUEPEDIA.
Rohayati, I. (2016). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPA Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Bantarsoka Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).
Suhelli, S. (2018). Strategi guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran tematik pada MIN di Kota Banda Aceh. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 7(2).
Sukmadinata, S. N. (2015). Metode penelitia. Bandung: PT remaja rosdakarya.
Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. (2014). Pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(2).