MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD PERMATA SEGILIK KECAMATAN SAYAN
DOI:
https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v1i2.802Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran melipat kertas pada keterampilan motorik halus, untuk mengetahui keterampilan motorik halus dengan melalui kegiatan melipat kertas, di PAUD Permata Segilik Kecamatan Sayan tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di PAUD Permata Segilik tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 6 anak. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif antara peneliti dengan guru kelas.Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) instrument penelitian yang digunakan yaitu bentuk instrument non tes yang digunakan adalah lembar observasi digunakan sebagai pedoman untuk melaksanakan pengamatan di dalam kelas, teknik analisis data yang digunakan menggunakan deskriptik kualitatif. Data yang diperoleh skor perolehan dengan menggunakan lembar observasi kegiatam keterampilan motorik halus muncul pada saat proses kegiatan melipat anak sesuai pernyataan dari setiap indicator-indikator perkembangan motorik halus dan dokumentasi berupa foto saat kegiatan belajar dan bermain. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I memperoleh nilai 24,99% dan pada siklus II terdapat peningkatan keterampilan motorik halus pada anak memperoreh 74,99% oleh karena itu, Keterampilan motorik halus anak sudah meningkat pada kreterian Berkembang Sangat Baik. Keterampilan motorik halus di PAUD Permata Segilik meningkat.
References
Ahmad Susanti. 2011. Perkambangan Anak Usia Dini. Jakarta: Pranada Media Group
Agung Tri Harso. 2013. Permainan Kreatif Untuk Anak Usia Dini.
Yogyakarta: Andi Yogyakarta
Aquarisnawati, Puri dkk. 2011. Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah.
Jurnal Insan Media. (http : // Journl. Unair.ac.id/Filer PDF/2-13.pdf
Cresswelli, Jhon W. 2014. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset.
Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Decaprio. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks
Depdiknas. 2010. Peraturan Mentri Pendidikan Tentang Standar Isi Pendidikan Anak Usia Dini. Depdiknas:Jakarta
Eileen Alle, K. dan Iynn.R. Marotz. 2010. Profil Perkembangan anak (Penerjemah :Valentino) Jakarta: PT Indeks
Herpita Siburian. 2016. Jurnal Hadayani (JH). Penerapan Kegiatan Melipat Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di TK ST.Antonius
Hirai, Maya. 2010. Kreasi Origami Favorit. Kawan Pustaka. Jakarta Http/macam-macamOrigami_Olvista.com.htm
Khadijah. 2016. Pendidikan Prasekolah. Medan: Perdana Publising
Khadijah. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Medan: Cipta Pustaka Media Printis
KOenarsi, Dyah Ageng Pramesty. 2010. Penerapan melipat,menggunting, menempel (3M) dalam upaya meningkatkan keterampilan motorik halus anak
Masganti sit. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Medan: Perdana Publising
Mursid. 2015. Belajar dan pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nilawati Tadjuddin. 2014. Meneropong Perkembangan Anak Usia Dini. Persfektif Al-Qur`an. Jakarta: Herya Media
Ngalim Purwono. 2011. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Norlaila, Hurlock. 2010. Peningkatan Keterampilan Motorik. Fkip UMP Nusa Putra. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo Persada
Pamadhi, Hajar. 2010. Seni Keterampilan Anak. Universitas Terbuka: Jakarta Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 137 Tahun 2014. Standar Nasional. Pendidikan Anak Usia Dini
Sri Widayati, 2014. Panduan Dasar Melipat Kertas. Yogyakarta: Gava Media
Sugiyono. 2106. Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Cetakan
----------- 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Suharmini Ari Kunto. 2010. Menejemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Sumedi P Nugraha, Davima Muliatsih. 2013. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Origami.Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan universitas Islam Indonesia
Suyadi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Publik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sukadiyanto. 2014 Menejemen Pembelajaran Motorik Anak Usia Dini. Makalah Seminar
Syafaruddin. 2011. Pendidikan Prasekolah. Medan : Perdana Publishing
Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RAdan Anak Usia Dini Kelas Awal SD/MI. Surabaya: Kencana Presana Media Group
Wina Sanjaya. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.A Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.A Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3.A Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.