PENANAMAN NILAI TOLERANSI DALAM PLURALISME BERAGAMA PADA ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA NANGA PINOH

Kartini Kartini, Muhammad Akip

Abstract


Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang kaya akan keragaman suku, agama, budaya, adat istiadat, bahasa, dan latar belakang. Keragaman ini sering mengakibatkan terjadinya pergeseran dan konflik di tengah masyarakat. Kesadaran dan pengakuan akan keragaman disebut sebagai pluralisme. Pluralisme dapat menyangkut bidang kultural, politik, dan religious. Penanaman nilai-nilai pluralisme dan toleransi erat kaitannya dengan kesadaran masyarakat Indonesia yang kaya akan perbedaan suku, agama, dan budaya. Penanaman nilai-nilai toleransi dan pluralisme antar umat beragama melalui jalur pendidikan merupakan salah satu cara yang dinilai paling efektif. Pada anak usia dini potensi yang dimilikinya meliputi aspek nilai agama-moral, fisik-motorik, social-emosional, bahasa dan seni. Masa perkembangan anak usia dini harus diorientasikan kepada penanaman nilai-nilai moral-agama, kognitif, sosial-emosional, fisik-motorik, bahasa dan seni yang seimbang sebagai dasar pembentukan pribadi yang utuh. Dalam upaya menerapkan perilaku baik tersebut, diperlukan cara atau pendidikan dari para orang tua maupun guru di sekolah yang efektif. Faktor lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga akan sangat mempengaruhi kepribadian seorang anak. Maka penting menanamkan sikap baik dalam kehidupan kepada seorang anak sejak usia dini agar mampu tertanam dengan baik hingga mereka beranjak dewasa. Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka dilaksanakan penelitian dengan judul “Penanaman Nilai Toleransi Dalam Pluralisme Beragama Pada Anak Usia Dini Di TK Negeri Pembina Nanga Pinoh”.

Kata Kunci : Nilai Toleransi, Pluralisme, PAUD


Full Text:

PDF

References


Asep Kurnia. (2018). Metode penelitian pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Bahari H. (2010). Toleransi Beragama Mahasiswa (Studi tentang Pengaruh Kepribadian, Keterlibatan Organisasi, Hasil Belajar Pendidikan Agama, dan Lingkungan Pendidikan terhadap Toleransi Mahasiswa Berbeda Agama pada 7 Perguruan Tinggi Umum Negeri). Ed. 1 Cet. 1. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama.

.

Gerardette Philips. (2016). Melampaui Pluralisme. Madani. Kementerian Agama.

Hartoyo, B. (2004). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jawa Tengah: BPPLSP Regional III

Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga. Bandung: PT Remaja Rosdkarya.

Idrus, M. (2009). Metode penelitian ilmu sosial. Yogyakarta: Erlangga.

Jumiatmoko.(2018). Implementasi Toleransi Beragama pada Pendidikan Anak Usia Dini. Sragen : STIT Madina Sragen

Moh. Roqib, (2016).Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. Yogyakarta: PT. LkiS Pelangi Aksara.

Moleong, L. J. (2013). Metodologi penelitian kualitatif (Ed. Rev.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. https://doi.org/2010.

Nurjanah, Umi Sumbullah. (2013). Pluralisme Agama: Makna dan Lokalitas Pola Kerukunan Antarumat Beragama. Malang: UIN Maliki Press.

O. Collins, Gerrald, Edward G. Ferrugia. 1996. Kamus Teologi. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Saihu, Made. (2019). Merawat Pluralisme Merawat Indonesia: Potret Pendidikan Pluralisme Agama di Jembrana-Bali. Sleman: Deepublish Publisher.

Sardiman, AM. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Soetopo. (2005). Komponen-Komponen dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Shofiah Fitriani (2020). Keberagaman dan Toleransi Antar Umat Beragama. Jurnal Studi Keislaman Vol. 20 No. 2. H. 180-181.

Sri Mawarti (2017). Nilai-Nilai Pendidikan Toleransi Dalam Pembelajaran Agama Islam. Toleransi: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama. Vol. 9 no 1. UIN Surakarta.

Simarmata, Thomas H. (2017). Indonesia Zamrud Toleransi. Jakarta: PSIK Indonesia Press.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif Dan R&D, Bandung:Alfabeta, 2018.

Walzer, Michael. (1997). On Toleration. USA: Yale University Press.

Weaver, Darlene Fozard. (2020). Christian Formation and Moral Pluralism: Challenges and Opportunities. Studies in Christian Ethics Journal 2020, Vol. 33(1) 27–39. USA: Duquesne University.

Yunus, Muhammad. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Toleransi Beragama pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Pada SMP NEGERI 1 Amparita Kec. Tellu Limpoekab Sidrap). Al-Ishlah. Jurnal Studi Pendidikan Vol. XV Juli-Desember 2017 No.2 halaman 167-187. Sulawesi Selatan: IAIN Parepare

Yayat Hidayat. (2019). Pendidikan dalam Perspektif Ibnu Khaldun. Pangandaran : STITNU Al-Farabi. Pangandaran.

Vitalis, Djarot dan Asroful Kadafi. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Madiun: Universitas PGRI Madiun Press.




DOI: https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v4i1.1935

Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.