PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI PAUD MUTIARA HATI DESA KELAKIK KECAMATAN NANGA PINOH KABUPATEN MELAWI
DOI:
https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v2i1.736Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui peran kepala sekolah sebagai edukator, manajer, administrator dan supervisor di PAUD Mutiara Hati Desa Kelakik. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala PAUD Mutiara Hati Desa Kelakik. Objek dalam penelitian ini adalah peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru PAUD Mutiara Hati Desa Kelakik. Prosedur penelitian meliputi tahap persiapan, tahap pelakanaan dan tahap akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi dan lembar wawancara. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian diperoleh bahwa peran kepala PAUD sebagai edukator berperan dalam membimbing guru dalam meningkatkan kinerjanya. Peran sebagai manajer kepala PAUD membuat perencanaan dan melakukan koordinasi untuk meningkatkan kinerja guru. Peran sebagai administrator, kepala PAUD mengelola kurikulum dengan membuat perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan perbaikan dalam penjabaran serta membuat laporan keuangan. Peran sebagai supervisor, kepala PAUD melakukan supervise dan mengikutsertakan guru dalam pelatihan dengan tujuan meningkatkan kemampuan kerja guru dan proses pembelajaran agar berlangsung secara efektif dan efisien.
References
Emda, E. (2016). Strategi Peningkatan Kinerja Guru Yang Profesional. Jurnal Lantanida.Vol. 4, No. 2. 2016.
Juliantoro, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Al-Hikmah. Vol. 5, No. 2. 2017.
Madjid. (2016). Pengembangan Kinerja Guru Melalui: Kompetensi, Komitmen dan Motivasi Kerja. Yogyakarta: Samudra Biru
Said, A. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 5, No. 1. 2018.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. (2009). Cooverative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sunardi. (2015). Fungsi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajer Pendidikan. Volume 9 Nomor 6 November 2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.A Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.A Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3.A Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.