PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI PAUD MUTIARA HATI DESA KELAKIK KECAMATAN NANGA PINOH KABUPATEN MELAWI

Juana Siska, Mardiana Mardiana, Kartini Kartini

Abstract


Penelitian bertujuan mengetahui peran kepala sekolah sebagai edukator, manajer, administrator dan supervisor di PAUD Mutiara Hati Desa Kelakik. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala PAUD Mutiara Hati Desa Kelakik. Objek dalam penelitian ini adalah peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru PAUD Mutiara Hati Desa Kelakik. Prosedur penelitian meliputi tahap persiapan, tahap pelakanaan dan tahap akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi dan lembar wawancara. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian diperoleh bahwa peran kepala PAUD sebagai edukator berperan dalam membimbing guru dalam meningkatkan kinerjanya. Peran sebagai manajer kepala PAUD membuat perencanaan dan melakukan koordinasi untuk meningkatkan kinerja guru. Peran sebagai administrator, kepala PAUD mengelola kurikulum dengan membuat perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan perbaikan dalam penjabaran serta membuat laporan keuangan. Peran sebagai supervisor, kepala PAUD melakukan supervise dan mengikutsertakan guru dalam pelatihan dengan tujuan meningkatkan kemampuan kerja guru dan proses pembelajaran agar berlangsung secara efektif dan efisien.


Full Text:

PDF

References


Emda, E. (2016). Strategi Peningkatan Kinerja Guru Yang Profesional. Jurnal Lantanida.Vol. 4, No. 2. 2016.

Juliantoro, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Al-Hikmah. Vol. 5, No. 2. 2017.

Madjid. (2016). Pengembangan Kinerja Guru Melalui: Kompetensi, Komitmen dan Motivasi Kerja. Yogyakarta: Samudra Biru

Said, A. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 5, No. 1. 2018.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2009). Cooverative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sunardi. (2015). Fungsi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajer Pendidikan. Volume 9 Nomor 6 November 2016.




DOI: https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v2i1.736

Article Metrics

Abstract view : 322 times
PDF - 216 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.