ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN DI PAUD SETIA BUDI DESA BATA LUAR

Rice Apriliani, Mastiah Mastiah, Kartini Kartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan bahasa anak umur 4-5 tahun di Dusun Setia Budi, Desa Bata Luar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah anak umur 4-5 tahun dan orangtua kandung dari anak. Data yang didapat bersumber dari hasil observasi secara langsung ke lapangan, tes dengan anak umur 4-5 tahun dan wawancara dengan para orangtua kandung anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan bahasa anak umur 4-5 tahun di Dusun Setia Budi, Desa Bata Luar sudah mengalami perkembangan yang lebih baik dibuktikan dengan perubahan dan peningkatan  pada ketiga  aspek  bahasa,  yaitu anak sudah bisa menerima bahasa, anak juga sudah mulai bisa mengungkapkan bahasa dan keaksaraan anak juga mulai berkembang atau meningkat. Sedangkan untu pemahaman orang tua akan peranannya dalam mendorong perkembangan bahasa anak masih rendah yang disebabkan oleh pendidikan orangtua yang rendah, kurangnya akses yang menghubungkan orang tua dan sekolah, sehingga seringkali menimbulkan rendahnya keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak usia dini.

Full Text:

PDF

References


Rusniah. (2015). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Bercerita Pada Kelompok A Di Tk Malahayati Neuhn Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi. (online). Diakses pada tanggal 5 febuari 2020

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Kuanlitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

-----------. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Kuanlitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

-----------. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Hadari N. (2015).Prosedur Metode Deskriftif.

Jakarta: Kencana.

Hartini.(2009). Srategi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Hurlock (2008).Metode pengembangan Bahasa.

Jakarta: Universitas Terbuka Bogdan.(2012).Metodologi Kualitatif Sebagai

Proses Penelitian Yang Menghasilkan Data Deskriptif. Jakarta: Universitas Terbuka

Wildan. (2015). Deskripsi Tentang Perencanaan Pembelajaran Berbasis Perkembangan Anak Usia Dini Di Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu. Jurnal Edukasi.Universitas Negri Lampung.

Ramadhani, D dan Simatupang, N. D. (2014). “Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Di TK Al Ikhlas Surabaya”. Jurnal Edukasi. (online). Diakses pada tanggal 15 febuari 2020




DOI: https://doi.org/10.46368/.v1i1.469

Article Metrics

Abstract view : 949 times
PDF - 369 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.