ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU INSAN KAMIL NANGA PINOH
DOI:
https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v2i2.803Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan guru dalam mengimplentasikan kurikulum 2013 PAUD dalam pembelajaran di Kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Insan Kamil Nanga Pinoh. Subjek pada penelitian ini yaitu Kepala TK, bidang kurikulum dan guru kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Insan Kamil Nanga Pinoh. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, kemudian teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, instrumen penelitian menggunakan lembar wawancara. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kesulitan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 PAUD dalam pembelajaran di Kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Insan Kamil Nanga Pinoh yaitu kurangnya penilaian dan persiapan guru dalam merencanakan pembelajaran. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan adalah adalah memahami kembali materi yang diajarkan, mengatur jadwal dan mengerjakan penilaian peserta didik serta membuat media pembelajaran.
References
Adallila, S. 2010. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.
Djamarah, S.B. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Getstwicki, C. 2007. Developmentally Appropriate Practice. Curriculum and Development In Early Education. Canada: Thomson Delmar Learning.
Hasan, M. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Yogyakarta: Diva Press.
Majid, A. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ornstein, A.C. 2004. Curriculum. Foundation, Principles, and Issues. Boston: Pearson Education, Inc.
Ramayulis. 2013. Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.
Republik Indonesia, “Undang-undang R.I. Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,†(t.d).
Satori, D. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&G. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.A Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.A Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3.A Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.