UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN PERKEMBANGAN MORAL AGAMA PADA ANAK USIA DINI DI PAUD MANTAS TOLAS

Nomiyati Nomiyati, Kartini Kartini, Suyatmin Suyatmin

Abstract


Penelitian dilatar belakangi menumbuhkan perkembangan moral agama pada anak usia dini. Penelitian bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam menumbuhkan perkembangan moral agama pada anak usia dini di PAUD Mantas Tolas Desa Bora Kecamatan Sayan. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan Kepala PAUD. Prosedur dalam penelitian ini meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap akhir penelitian. Instrumen penelitian menggunakan lembar wawancara dan lembar observasi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian diperoleh bahwa upaya guru dalam menumbuhkan perkembangan moral agama pada anak usia dini di PAUD Mantas Tolas Desa Bora dengan memasukan pembelajaran agama kedalam RPPH dengan metode bercerita dan bermain, membiasakan anak berdoa sebelum belajar dan sesudah belajar serta berdoa sebelum makan, memberikan pemahaman dan penjelasan kepada anak-anak tentang ajaran agama yang dianut. Pada aspek menanamkan karakter jujur, peduli, sopan, hormat, sportif dengan memberikan cerita yang memotivasi serta memberikan contoh kepada peserta didik. Pada aspek menanamkan sikap menjaga kebersihan diri dan lingkungan yaitu mengajarkan anak mencuci tangan, berpakaian rapi dan bersih, tidak boleh berkuku panjang serta tidak membuang sampah sembarangan. Strategi yang dilakukan guru dalam mengenalkan hari besar agama pada anak seperti ikut merayakan dan melakukan lomba tentang hari-hari besar keagamaan. Dalam menanamkan sikap toleransi pada peserta didik upaya yang dilakukan guru dengan mengajarkan anak berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing, menceritakan dan memberikan bimbingan kepada anak-anak.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemendiknas (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum Pembukuan.

Meleong, L.J. (2011). Metedologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurhayati, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia Kelompok Bermain. Banjarnegara: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian kuanitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, S dan Nuraini. (2019). Upaya Guru PAUD Dalam Meningkatkan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di Kecematan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Pekanbaru: Universitas Lancang Kuning. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3, No 1.




DOI: https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v2i2.810

Article Metrics

Abstract view : 169 times
PDF - 306 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.