MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BONEKA TANGAN PADA KELOMPOK BERMAIN “MAMA BABY CARE†NANGA PINOH
DOI:
https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v2i1.734Abstract
Penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini pada Kelompok Bermain Mama Baby Care Nanga Pinoh menggunakan media boneka tangan.  Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) instrumen penelitian yang digunakan yaitu bentuk instrumen non tes yang digunakan adalah lembar observasi digunakan sebagai pedoman untuk melaksanakan pengamatan di dalam kelas teknik anlisis data yang digunakan menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Data yang diperoleh menggunakan lembar observasi kegiatan bercerita menggunakan boneka tangan yaitu perkembangan bahasa yang muncul saat proses pembelajaran sesuai pernyataan dari setiap indikator-indikator perkembangan bahasa dan dokumentasi berupa foto saat kegiatan belajar dan bermain. Hasil kemampuan kegiatan bercerita menggunakan boneka tangan pada Siklus I APKG 1 memperoleh persentase sebesar 60,38 % sedangkan siklus II memperoleh persentase sebesar 81,76 % berarti dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,38 % kemudia peningkatan persentase hasil dari lembar observasi keterlaksanaan RPPH APKG II dari siklus I ke siklus II. Siklus I memperoleh persentase sebesar 61,6 %sedangkan siklus II memperoleh persentase sebesar 81,75 % berarti dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 20,15 % sedangkan peningkatan persentase hasil dari lembar observasi kemampuan perkembangan bahasa dari siklus I ke siklus II. Siklus I memperoleh persentase sebesar 0,00 % sedangkan siklus II memperoleh persentase sebesar 100 % berarti dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 100 %..
References
Anggani, Sudono, Alat Permainan dan Sumber Belajar TK. Jakarta:
Dirjen PPTA Depdikbud. 1995, hlm. 715
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi 3. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Endang dan Maliki (2009), Pendamping Kegiatan Anak, (Yogyakarta: Naafi’ Book Media, 2014) h.88
Hainstock, Elizabet G, Metode Pengajaran Montessori Untuk Anak
Pra Sekolahlm. Jakarta: Pustaka DelaPratara. 1999, hlm. 22
Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 29 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Direktorat Pembinaan TK dan SD.
Meilaningsih, Wahyu Linda. 2018. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Dan Bagaiamana Keefektifitasan Penggunaan Media Boneka Wayang Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A RA Nurul Ulum Ngaliyan Semarang. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Mulyasa.2012. manajemen PAUD. Bandung.PT.Remaja Rosdakarya.
Novita, Pradynda.(2014) Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Bercerita Dengan Boneka Tangan Kelompok A Di TK Aisyiyah Cabang Kartasura, Tahun Pelajaran 2013/2014. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta
Nur hasnawati. 2011. Media Pembelajaran.Pekanbaru:Yayasan Pusaka Riau.2011, hlm. 9
Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional
Pendidikan Anak Usia Dini. Standar Isi Tentang Tingkat
Pencapaian Perkembangan Anak.
Permendikbud , Nomor 146 Tahun 2014, Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, pasal 1.
Sudjana, Nana &Rivai, Ahma,Media Pengajaran, Bandung : Sinar
Baru Algensindo. 2007, hlm. 5
Sugiyono. 2014.Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, Dan R&D, .Bandung.Alfabeta.
Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan. Yogyakarta. Aditya Media
Yusuf Hartini, ( 2005 ) Alat Permainan dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Dirjen PPTA Depdikbud. 2005 : 19),
Sujiono. 2004. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks
Suryani (2009), pendekatan pembelajaran, (Yogyakarta: Naafi’ Book Media, 2014) h.88
Sulianto Joko. dkk, Panduan Penggunaan Boneka Tangan. Semarang: Tunas Puitika Publishing, 2011
Tim Redaksi Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar
Bahasa Indonesia Pusat Bahasa: Edisi Keempat, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008, hlm. 924
Wijaya. K & Dedi, D. (2011). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Pertama Puri Media
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.A Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.A Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3.A Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.