UPAYA ORANG TUA DALAM MENGATASI PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI

Yuyuk Yuyuk, Waridah Waridah, Kartini Kartini

Abstract


Penelitian didasari pada pengenalan dan penggunaan gadget pada anak usia dini tanpa pengawasan dari orang tua. Tujuan penelitian mengetahui penggunaan gadget, bagaimana cara orang tua mengatasi penggunaan gadget, dan dampak positif atau negatif bagi anak usia dini. Penelitian menggunakan metode kualitatif, jenis deskriftif. Subjek dalam penelitian adalah orang tua anak PAUD Mutiara Hati Kelakik. Objek dalam penelitian adalah upaya orang tua dalam mengatasi penggunaan gadget pada anak usia dini. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang upaya orang tua dalam mengatasi penggunaan gadget pada anak usia dini, yaitu dengan cara membatasi waktu penggunaan gadget pada anak, menegur anak, mengajak anak bermain, mengajak anak keluar rumah (jalan-jalan atau ketempat keluarga), membiarkan anak bermain diluar rumah dan menyuruh anak bermain ketempat temannya. Dampak positif dalam penggunaan gadget pada anak yaitu dapat mempermudah anak dalam belajar, anak mudah menerima pelajaran, anak cepat tanggap saat menggunakan gadget, anak bisa mengetahui banyak hal dari gadget, anak bisa belajar mengenal warna dan huruf. Dampak negatif dalam penggunaan gadget pada anak yaitu anak kurang bersosialisai, tidak baik bagi kesehatan mata pada anak, anak menjadi lupa waktu, anak lebih banyak mengurung diri dikamar kalau sudah fokus bermain gadget anak menjadi tidak mau diganggu, anak suka rewel ketika meminta memainkan gadget, marah jika tidak dikasi bermain gadget, dan anak menjadi suka meniru. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti laksanakan dapat disimpulkan bahwa memberikan gadget pada anak usia dini dapat memberikan dampak tersendirinya yaitu bisa berupa positif dan negatif, memberikan gadget pada anak tentu sudah menjadi hal yang biasa pada era modern ini namun walaupun kita memberikannya pada anak sebaiknya kita selaku orang tua harus selalu mengawasi anak ketika anak menggunakan gadget dan selalu membatasi waktu anak saat menggunakan gadget.


Full Text:

PDF

References


Derry, I. 2013. Bila Sikecil Bermain Gadget. Jakarta: Bisakimia.

Ferliana. 2016. Anak Dan Gadget Yang Penting Aturan Main. Di Unduh Pada 10 Januari 2016 dari: http://nakita.grid.id/balita,anak-dangadgetyangpenting-aturan-main?page=2.

Lestari, N.G.A.M.Y. 2018. Stimulasi Membaca Pemula Anak Usia Dini. Pratama Widya, Vol. 3, No.2:2.

Manumpil, dkk. 2015. Hubunggan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di Sma Negri 9 Manado. Ejoural Keperawatan (e-Kep) volume 3 no 2. http://ejournal.ejurnal.unikama.ac.id, di akses 19 April 2017.

Mardiyah, 2015. Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. Jurnal Kependidikan. 3 (2) halaman:112.

Pebriana, P. H. 2017. Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi,1(1), 1-11.

Putri, U.L. dan Ardisal. 2019. Pola Asuh Orang Tua Penyandang Tunagrahita dalam Kemandirian Anak Tunagrahita di Bungo Pasang Painan. Jurnal Of Multidicsiplianry Research and Development, Vol. 2, No 1:96.

Sukardi. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Kompentensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suwarsi. 2016. Pengaruh Gadget Terhadap perkembangan Anak. Hasil Seminar 25 September 2016.

Trinika Dkk. 2015. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Pra Sekolah (3-6 Tahun) Di TK Swasta Kristen Immanuel Tahun Ajaran 2014-2015. Pontianak: Universitas Tanjungpura

Wijayanti, F.T. 2019. Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan spiritual Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v3i1.1027

Article Metrics

Abstract view : 153 times
PDF - 235 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.