PENERAPAN METODE BERMAIN KARTU HURUF BERGAMBARUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA DINI DI TK TUNAS JAYA
Abstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini menggunakan metode bermain kartu huruf bergambar di TK Tunas Jaya. Subjek pada penelitian ini yaitu 24 anak yang terdiri dari 12 orang anak perempuan dan 12 orang anak laki-laki.Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yakni Siklus I dan siklus II. Objek pada penelitian ini adalah metode bermain kartu huruf bergambar. Kemudian teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi, instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan dokumentasi yang dapat dinilai dengan mencari persentase yang diperoleh dari lembar observasi.Kemampuan mengenal huruf anak meningkat setelah diterapkan metode bermain kartu huruf bergambar, dapat dilihat pada siklus I mencapai 27.08% dan pencapaian pada siklus II mencapai 87.50%. Sehingga adanya peningkatan rata-rata dari siklus I ke II yaitu sebesar 60.42%.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2015. Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: Bumi Aksara
Dhieni, N. 2017. Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hariyanto, B. 2015. Aktivitas PAUD Mengenal Huruf. Jakarta: Gramedia.
Hasan M, 2009. Pendidikan Anak Usia Dini.
Bandung: Alfabeta.
Prasetyo, H. 2014. Belajar Menulis dan Membaca dalam 7 Aktivitas Bermain. Jogjakarta: Kata Pena.
Semiawan, C.R. 2008. Penerapan Pembelajaran Pada Anak. Jakarta: Indeks.
DOI: https://doi.org/10.46368/.v1i1.466
Article Metrics
Abstract view : 250 timesPDF - 855 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.