PENERAPAN METODE BERMAIN KARTU HURUF BERGAMBARUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA DINI DI TK TUNAS JAYA
DOI:
https://doi.org/10.46368/.v1i1.466Abstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini menggunakan metode bermain kartu huruf bergambar di TK Tunas Jaya. Subjek pada penelitian ini yaitu 24 anak yang terdiri dari 12 orang anak perempuan dan 12 orang anak laki-laki.Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yakni Siklus I dan siklus II. Objek pada penelitian ini adalah metode bermain kartu huruf bergambar. Kemudian teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi, instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan dokumentasi yang dapat dinilai dengan mencari persentase yang diperoleh dari lembar observasi.Kemampuan mengenal huruf anak meningkat setelah diterapkan metode bermain kartu huruf bergambar, dapat dilihat pada siklus I mencapai 27.08% dan pencapaian pada siklus II mencapai 87.50%. Sehingga adanya peningkatan rata-rata dari siklus I ke II yaitu sebesar 60.42%.
References
Arikunto, S. 2015. Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: Bumi Aksara
Dhieni, N. 2017. Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hariyanto, B. 2015. Aktivitas PAUD Mengenal Huruf. Jakarta: Gramedia.
Hasan M, 2009. Pendidikan Anak Usia Dini.
Bandung: Alfabeta.
Prasetyo, H. 2014. Belajar Menulis dan Membaca dalam 7 Aktivitas Bermain. Jogjakarta: Kata Pena.
Semiawan, C.R. 2008. Penerapan Pembelajaran Pada Anak. Jakarta: Indeks.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.A Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.A Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3.A Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.