PERAN ORANGTUA TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI

Kumil Istiqomah, Waridah Waridah, Mastiah Mastiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripskan peran orangtua terhadap kecerdasan spiritual anak usia 4-5 tahun. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi, serta instrumen penelitian yang menggunakan pedoman wawancara yang mengacu pada indikator peran orangtua terhadap kecerdasan spiritual anak usia 4-5 tahun. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa orangtua di Desa Tanjung Lay dan di Desa Paal sudah berperan terhadap kecerdasan spiritual anak-anaknya. Akan tetapi, peran antara Ayah dan Ibu dari kedua Desa tersebut belu seimbang. Peran Ayah di Desa Tanjung Lay dan di Desa Paal dalam memberikan teladan, mendidik, memberikan motivasi, dan memberikan kasih sayang kepada anak masih kurang dikarenakan kesibukannnya dalam bekerja (mencari nafkah), sehingga dari kedua Desa tersebut Ibu yang lebih berperan terhadap kecerdasan spiritual anak-anaknya. Walaupun demikian, orangtua di Desa Tanjung Lay dan di Desa Paal tetap berusaha untuk berperan terhadap kecerdasan spiritual anak-anaknya, diantaranya :1) Berperan dalam memberikan teladan, 2) Berperan dalam mendidik anak, 3) Berperan dalam memberikan motivasi, dan 4) Berperan dalam memberikan kasih sayang.


Full Text:

PDF

References


Agus, H.Z. (2019). “Peranan Orang Tua dalam membina Kecerdasan Spiritual Anak dalam Keluarga”. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, Vol. 4, No. 2 : 30.

Bahari, J.I. (2017). “Pentingnya ESQ (Emosional dan Spiritual Question) bagi Mahasiswa dalam Manajemen Konflik”. Ar-Risalah, Vol. 15, No. 2 : 156.

Fadhlurrohman, M.D. dan Indriana, Y. (2019). “Kecerdasan Spiritual pada Pengguna dan Pengedar Narkoba di Lapas Kedungpane Semarang”. Jurnal Empati, Vol. 8, No. 1 : 94.

Hotimah, N. dan Yanto. (2019). “Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini”. Indonesia Journal Of Learning Education and Counseling, Vol. 1, No. 2 : 92).

Putri, U.K. dan Ardisal. (2019). “Pola Asuh Orang Tua Penyandang Tunagrahita dalam Kemandirian Anak Tunagrahita di Bungo Pasang Painan”. Journal Of Multidicsiplinary Research and Development, Vol. 2, No. 1 : 96.

Qoni’ah, S. (2019). “Pengembangan Kecerdasan Spiritual pada Peserta Didik melalui Aktivitas Keagamaan”. Jurnal Program Studi PGMI, Vol. 6, No. 2 : 160.

Wijayanti, F.T. (2019). “Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak”. Jurnal El-Hamra (Kependidikan dan Kemasyarakatan), Vol. 4 : No. 2 : 79.




DOI: https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v2i1.677

Article Metrics

Abstract view : 396 times
PDF - 196 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.