PENGARUH RAGAM HIAS GEOMETRI TERHADAP KECERDASAN VISUAL ANAK DI PAUD PERMATA SEGILIK KECAMATAN SAYAN
DOI:
https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v2i1.735Abstract
Penelitian dilatarbelakangi karena ingin melihat: (1) Bagaimana perkembangan hasil kecerdasan visual sebelum menggunakan ragam hias geometri pada anak usia 5-6 tahun, (2) Bagaimana perkembangan hasil kecerdasan visual setelah menggunakan ragam hias geometri pada anak usia 5-6 tahun, (3) Apakah penggunaan ragam hias geometri berpengaruh signifikan terhadap perkembangan kecerdasan visual anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian pre experimental menggunakan pendekatan one group pretest-posttest design, subjek penelitian adalah di PAUD Permata Segilik Kecamatan Sayan pada kelas B usia 5-6 tahun yang berjumlah 18 siswa, siswa laki-laki 8 orang dan siswa perempuan berjumlah 10 orang. Sedangkan objek dalam penelitian adalah pengaruh ragam hias geometri terhadap kecerdasan visual. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah obsevasi,wawancara, dokumentasi, teknik analisis data digunakan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan ragam hias geometri berpengaruh terhadap perkembangan kecerdasan visual anak di PAUD Permata Segilik Kecamatan Sayan. Pengaruh kecerdasan visual dilihat dari hasil uji hipotesi yaitu uji-t pada Paired Samples Statistics, dari 18 responden nilai siswa pada pretest yaitu 54,17 sedangkan nilai posttest yaitu 89,17, dengan standar deviasi pada pretest 3,092 dan posttest 3,930. Diketahui Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode ragam hias geometri terhadap kecerdasan visual anak.
References
Laily Rosidah. 2014. Peningkatan kecerdasan visual anak usia dini melalui permainan maze. Volume 8. Edisi 2. https://media.neliti.com/media/publications/117623-ID peningkatan-kecerdasan-visual-spasial-an.pdf. Diakses pada tanggal 15 april 2020.
Rika Okmalianti, dkk. 2019. Pengaruh permainan take shape terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri Anak usia 4-5 tahun. Volume 2. Nomor 2. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/4469/2203. Diakses pada tanggal 8 April 2020.
Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.A Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.A Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3.A Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.