PENGARUH RAGAM HIAS GEOMETRI TERHADAP KECERDASAN VISUAL ANAK DI PAUD PERMATA SEGILIK KECAMATAN SAYAN

Ratna Juwita, Waridah Waridah, Nur Sulistyo Mutaqin

Abstract


Penelitian dilatarbelakangi karena ingin melihat: (1) Bagaimana perkembangan hasil kecerdasan visual sebelum menggunakan ragam hias geometri pada anak usia 5-6 tahun, (2) Bagaimana perkembangan hasil kecerdasan visual setelah menggunakan ragam hias geometri pada anak usia 5-6 tahun, (3) Apakah penggunaan ragam hias geometri berpengaruh signifikan terhadap perkembangan kecerdasan visual anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian pre experimental menggunakan pendekatan one group pretest-posttest design, subjek penelitian adalah di PAUD Permata Segilik Kecamatan Sayan pada kelas B usia 5-6 tahun yang berjumlah 18 siswa, siswa laki-laki 8 orang dan siswa perempuan berjumlah 10 orang. Sedangkan objek dalam penelitian adalah pengaruh ragam hias geometri terhadap kecerdasan visual. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah obsevasi,wawancara, dokumentasi, teknik analisis data digunakan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan ragam hias geometri berpengaruh terhadap perkembangan kecerdasan visual anak di PAUD Permata Segilik Kecamatan Sayan. Pengaruh kecerdasan visual dilihat dari hasil uji hipotesi yaitu uji-t pada Paired Samples Statistics, dari 18 responden nilai siswa pada pretest yaitu 54,17 sedangkan nilai posttest yaitu 89,17, dengan standar deviasi pada pretest 3,092 dan posttest 3,930. Diketahui Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode ragam hias geometri terhadap kecerdasan visual anak.


Full Text:

PDF

References


Laily Rosidah. 2014. Peningkatan kecerdasan visual anak usia dini melalui permainan maze. Volume 8. Edisi 2. https://media.neliti.com/media/publications/117623-ID peningkatan-kecerdasan-visual-spasial-an.pdf. Diakses pada tanggal 15 april 2020.

Rika Okmalianti, dkk. 2019. Pengaruh permainan take shape terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri Anak usia 4-5 tahun. Volume 2. Nomor 2. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/4469/2203. Diakses pada tanggal 8 April 2020.

Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v2i1.735

Article Metrics

Abstract view : 123 times
PDF - 125 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.