MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MELIPAT KERTAS ORIGAMI PADA KELAS B DI PAUD MUTIARA HATI
Abstract
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan melipat kertas origami pada kelas B di PAUD Mutiara Hati. Mengacu pada desain model Kemmis Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terbagi menjadi 4 langkah, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas B di PAUD Mutiara Hati yang berjumlah 6 siswa dengan rincian 4 orang siswa laki-laki dan 2 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non-tes dengan menggunakan lembar observasi keterampilan motorik halus anak serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran RPPH. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata hasil lembar observasi perencanaaan pembelajaran pada siklus 1 sebesar 47,36, perencanaaan pembelajaran pada siklus II sebesar 65,13, memperoleh peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 17,77. Kemudian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 69.56, pelaksanaan pembelajaran pada siklus II sebesar 85,86 memperoleh peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 16,3. Kemudian rata-rata hasil keterampilan motorik halus anak pada siklus I sebesar 56,66, pada siklus II menjadi 87,33, mengalami peningkatan sebesar 30,67. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa menggunakan kegiatan melipat kertas origami dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Materi Pendidikan Nasional. 2009. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.
Hirai Maya, 2010. Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Karmachela Hira, 2008. Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak TK. Jakarta: Hikayat Publishing.
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar.
Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak TK. Jakarta: Hikayat Publishing
DOI: https://doi.org/10.46368/.v1i1.467
Article Metrics
Abstract view : 626 timesPDF - 800 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.