MANFAAT BERMAIN UNTUK MENGEMBANGKAN ASPEK SOSIAL DAN EMOSI ANAK USIA DINI

Siti Halipah, Suyatmin Suyatmin

Abstract


Anak usia dini adalah anak yang berusia sejak lahir sampai dengan 6 tahun. Anak usia dini memiliki beragam karakteristik salah satunya yaitu sifat egosentris. Dari sifat tersebut dapat menghambat aspek perkembangan sosial emosional. Tidak ada anak yang tidak suka untuk bermain,untuk itu dengan cara bermain anak usia dini dapat mengembangkan aspek sosial emosionalnya. Banyak sekali manfaat bermain untuk perkembangan anak usia dini salah satunya yaitu untuk mengembangkan sosial emosional anak usia dini. Manfaat bermain dalam perkembangan sosial adalah dalam bermain anak ajarkan untuk saling membantu, saling memberi, saling berbagi dan gotong royong selain untuk perkembangan sosial bermain juga bermanfaat untuk perkembangan emosi yaitu dengan bermain anak dapat menyalurkan emosinya seperti senang, sedih,marah, dan kecewa. Anak juga dilatih untuk mengendalikan dirinya dari keinginan sekaligus serana untuk relaxsasi. Dengan bermain anak juga dapat menjalin komunikasi yang baik dengan teman sebaya dan dengan lingkingan sekitar anak.


Full Text:

PDF

References


Anggraini D., & Arumsari, D.A (2019). Permainan Monyet dan Pohon Untuk Menstimulus Perkembangan Anak Usia Dini. MOTORIC: Media of Teaching Oriented and Children. 3(1), 40-48.

Apriyani N., & Na`imah. (2022). Metode Bermain Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Hamka Ilmu Pendidikan Islam: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini dan Pendidikan Bahasa Arab. 5(2), 101-111.

Hasibuan, R. (2010). Pemanfaatan Permainan Tradisional Angklik Sebagai Sumber Belajar Bidang Pengembangan Matematika Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(2). 114-121.

Montalu. (2007). Bermain Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Mulyani, S. (2016). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi SisteMatika.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rakhmawati, I. (2015). Mengembangkan Kecerdasan Anak Melalui Pendidikan Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudathul Athfal. 3(1), 40-57.

Tedjasaputra, M. S. (2007). Bermain Mainan dan Permainan. Jakarta: Grasindo.

Yenti, Y. (2021). Pentingnya Peran Pendidik dalam Menstimulasi Perkembangan Karakter Anak di PAUD. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(2), 2045-2051.




DOI: https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v4i1.1958

Article Metrics

Abstract view : 41 times
PDF - 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.