POLA ASUH ORANG TUA DAN PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD TUNAS HARAPAN PEKAWAI

Yati Handayani, Asep Eka Nugraha, Suyatmin Suyatmin

Abstract


Penelitian ini bertujuan Mendeskripsikan Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak, Mendeskripsikan Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak. Metode penelitian yang digunakan yaitu  kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian pada orang tua dan guru PAUD Tunas Harapan pekawai.  Instrumen penelitian menggunakan wawancara dan dokumentasi. Tahap dalam pengumpulan data penelitian meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan yaitu pola asuh orang tua dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak begitu penting diajarkan kepada anak di lingkungan keluarga maupun di kehidupan sehari-hari anak. Orang tua berperan dalam membimbing, mendidik dan membina anak didalam kehidupan sehari-hari yang diajarkan  melalui pembiasaan membaca do’a, mengucapkan salam, yang dilakukan orang tua tanpa disadari oleh anak, orang tua sudah menanamkan nilai-nilai agama melalui pembiasaan. Peran guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak juga penting dilaksanakan di sekolah maupun pada saat proses pembelajaran sesuai dengan proses yang ditentukan oleh sekolah. Pelaksanaan yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual pada anak, dimulai semenjak anak datang hingga pulang sekolah, mengenalkan agama pada anak, mengajarkan anak- anak mengucapkan salam, membaca doa- doa pendek, guru mengajarkan anak membiasakan untuk berdoa dengan tertib melalui pembiasaan. Hasil penelitian disimpulkan mengembangkan kecerdasan spiritual pada anak merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya orang tua saja tapi gurunya juga sama-sama bertanggung jawab dalam mengembangkan kecerdasan spiritual kepada anak.


Full Text:

PDF

References


Anis Masykhur dan Jejen Musfah, (2005:3)

Gutama. 2002. “Kecerdasan Spiritual Dalam Membentuk Perilaku Anak”, buletin Padu, Jurnal Ilmiah Anak Dini Usia, Edisi 02 Okt. 2002.

Mardiyah “Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. Jurnal Kependidikan, Vol. III No. 2 November 2015

Santrock, 2002. “Pola Pengasuhan Anak Usia Dini”. Jakarta: Erlangga

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yuliani. 2014. “Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Haqiqi Kota Bengkulu” Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu (Skripsi).




DOI: https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v1i2.799

Article Metrics

Abstract view : 117 times
PDF - 155 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.