POLA ASUH ORANG TUA DAN PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD TUNAS HARAPAN PEKAWAI
DOI:
https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v1i2.799Abstract
Penelitian ini bertujuan Mendeskripsikan Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak, Mendeskripsikan Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian pada orang tua dan guru PAUD Tunas Harapan pekawai. Instrumen penelitian menggunakan wawancara dan dokumentasi. Tahap dalam pengumpulan data penelitian meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan yaitu pola asuh orang tua dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak begitu penting diajarkan kepada anak di lingkungan keluarga maupun di kehidupan sehari-hari anak. Orang tua berperan dalam membimbing, mendidik dan membina anak didalam kehidupan sehari-hari yang diajarkan melalui pembiasaan membaca do’a, mengucapkan salam, yang dilakukan orang tua tanpa disadari oleh anak, orang tua sudah menanamkan nilai-nilai agama melalui pembiasaan. Peran guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak juga penting dilaksanakan di sekolah maupun pada saat proses pembelajaran sesuai dengan proses yang ditentukan oleh sekolah. Pelaksanaan yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual pada anak, dimulai semenjak anak datang hingga pulang sekolah, mengenalkan agama pada anak, mengajarkan anak- anak mengucapkan salam, membaca doa- doa pendek, guru mengajarkan anak membiasakan untuk berdoa dengan tertib melalui pembiasaan. Hasil penelitian disimpulkan mengembangkan kecerdasan spiritual pada anak merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya orang tua saja tapi gurunya juga sama-sama bertanggung jawab dalam mengembangkan kecerdasan spiritual kepada anak.
References
Anis Masykhur dan Jejen Musfah, (2005:3)
Gutama. 2002. “Kecerdasan Spiritual Dalam Membentuk Perilaku Anakâ€, buletin Padu, Jurnal Ilmiah Anak Dini Usia, Edisi 02 Okt. 2002.
Mardiyah “Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. Jurnal Kependidikan, Vol. III No. 2 November 2015
Santrock, 2002. “Pola Pengasuhan Anak Usia Diniâ€. Jakarta: Erlangga
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yuliani. 2014. “Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Haqiqi Kota Bengkulu†Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu (Skripsi).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.A Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.A Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3.A Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.