MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ALAM SEKITAR PADA MATERI BENTUK GEOMETRI
DOI:
https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v3i1.1033Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif bentuk geometri dengan menggunakan media alam sekitar pada anak kelompok B PAUD Terpadu Aisyah. Pelaksanaan penelitian dilakukan di PAUD Terpadu Aisyah. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. subjek penelitian anak kelompok B PAUD, objek penelitian adalah meningkatkan kemampuan kognitif bentuk geometri dengan menggunakan media alam sekitar. Instrumen penelitian menggunakan lembar penilaian APKG I dan APKG II dan lembar observasi anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi analisi data observasi dan analisis data APKG I dan APKG II. Kriteria keberhasilan dalam penelitian yaitu 70 untuk nilai anak dan 80% nilai klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak dengan menggunakan media alam sekitar pada materi bentuk geometri diperoleh hasil pada siklus I sebesar 46,15%. Sedangkan rata-rata nilai APKG I pada siklus I yaitu 2,97. Kemudian rata-rata nilai APKG II pada siklus I yaitu 2,96. Pada siklus II kemampuan kognitif anak sebesar 84,61%. Sedangkan rata-rata yaitu 3,24 dan rata-rata nilai APKG II pada siklus II yaitu 3,63. Artinya terdapat peningkatan kemampuan kognitif anak sebesar 38,46%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan media alam sekitar pada materi bentuk geometri dapat meningkatkan kognitif anak.
References
Ismunamto, S, dkk. (2011). Ensiklopedia Matematika. Jakarta: Lentera Abadi.
Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing
Rachman, M. (2015). 5 Pendekatan Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, Mixed, PTK, R&D). Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tedjasaputra, M.S. (2001). Bermain, Mainan dan Permainan. Jaaarta: PT Grasindo.
Undang-undang Republik Indonesia. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Wahyudi. (2005). Permainan Puzzle. (Online) http//www.yhanapratiwi. files. wordpress.com.2014/03/ puzzle.pdf. Diakses Pada 20 Oktober 2020.
Yus, A. (2010). Penilaian Perkembangan Belajar Anak. Medan: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.A Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.A Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3.A Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.