PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MORAL PADA KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL AHFAL ELLA HILIR

Rosalia Herlinawati, Asep Eka Nugraha, Mardiana Mardiana

Abstract


Tujuan penelitian ini secara umum yaitu: Mengetahui Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Pada Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ella Hilir dan secara khusus Mengetahui Peran guru dan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian di kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ella Hilir. Yang menjadi subjek dalam penelitian yaitu guru kelompok B, menjadi objek penelitian yaitu Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Pada Kelompok B. Prosedur penelitian tahap persiapan, pelaksanaan dan tahap akhir. Teknik penggumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian lembar wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data analisis selama pengumpulan data, kodefikasi topik dan kategorisasi, dan pencarian pola. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data menggunakan perpenjangan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru dan sekolah sudah berperan dalam menanamkan nilai-nilai moral di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ella Hilir. (1) Peran Guru, yaitu guru menanamkan dengan metode bercerita dan pemberian pemahaman ke pada anak.2) Peran Sekolah yaitu, melalui program sekolah yaitu RPPH, tempelan gambar “Jangan buang sampah sembarangan dan Kebersihan sebagian dari iman” dilakukan melalui pembiasaan pembentukan moral, seperti hapalan surat pendek, doa-doa, dan hadist


Full Text:

PDF

References


Ariska, Miranti. 2020. Analisis Nilai Moral Kerendahan Hati Dalam Buku Cerita Anak. Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Chairilsyah, Daviq. 2016. Metode Dan Teknik Mengajarkan Kejujuran Pada Anak Sejak Dini. Universitas Riau. Riau. EDUCHILD. Vol. 5. No. 1 Tahun 2016.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Membangun Tanggung Jawab Anak. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Meleong, L.J. 2011. Metedologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nurhayati, F. 2019. Penanaman Nilai-Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia Kelompok Bermain. Banjarnegara: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Permana, J. dan Sudarsyah, A. 2013. Peneliian Kualitaif Analisis Data Dalam Administrasi Pendidikan. Bandung. Rizqi Press.

Rotnawati, Dwi. Dkk. 2015. Peningkatan Sikap Saling Menghargai Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Aisyiyah Melawi. PKIP UNTAN, Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol. 4, No.3. 2015.

Wahyuni, S dan Nuraini. 2019. Peran Guru PAUD Dalam Meningkatkan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di Kecematan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Pekanbaru: Universitas Lancang Kuning. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3, No 1, Oktober 2019.




DOI: https://doi.org/10.46368/.v1i2.798

Article Metrics

Abstract view : 136 times
PDF - 3464 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.