POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DESA PAAL KECAMATAN NANGA PINOH KABUPATEN MELAWI

Mega Cahyani, Kurnia Dyah Anggorowati, Indria Susilawati

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan pola asuh orang tua dalam membentuk kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di Desa Paal Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi, 2) mendeskripsikan upaya orang tua dalam membentuk kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di Desa Paal Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitataif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive  sampling  yang berjumlah lima informan (orang tua/Ibu) yang memiliki anak berusia 5-6 tahun di Desa Paal. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik pengolahan analisi data menurut Miles & Huberman yaitu Data Reduction (Reduksi Data), penyajian data, penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah member check.

Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh dan upaya yang diterapkan lima Ibu dalam membentuk kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di Desa Paal Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi ada yang menggunakan pola asuh otoriter, pola asuh demokratis dan pola asuh permisif. Upaya yang dilakukan orang tua dalam membentuk kedisiplian anak yaitu membangun keakraban dengan anak, ketegasan dari orang tua, memberikan penjelasan aturan secara logis dan disertai pemberian contoh oleh orang tua.


Full Text:

PDF

References


Husnul, H. Dkk. 2020. Implementasi Pola Asuh Orang Tua dalam Menanamkan Nilai Moral Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makasar. Indonesia Journal of Early Childhood Education. Vol. 3, No. 2, Desember 2020.

Khotimah, I. A. 2019.Disiplin pada Anak Usia Dini (Pembiasaan di rumah dan di sekolah. Dosen STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol. 1, No. 1, April 2019.

Macharus, A. Dkk. 2018. Pondasi Keluarga Sakinah. Jakarta: Subdid Bina Keluarga Sakinah Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam Kemenag RI.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung: Alfabeta.

--------. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung: Alfabeta.

Susianti, A dkk. Kiat-kiat Orang Tua Tangguh Menjadikan Anak Disiplin dan Bahagia. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-IKIP Siliwangi. Jurnal Tunas Siliwangi. Vol. 4, No. 1, April 2018

Wati, D. E. & Puspiasari, I. 2018. Kekerasan Terhadap Anak, Penanaman Disiplin, dan Regulasi Emosi Orang Tua. Prodi PG PAUD Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Jurnal Varia Pendidikan, Vol. 30, No. 1, Juli 2018.

Widayanti, I. S. 2012. Mendidik Karakter dengan Karakter. Jakarta Selatan: Arga Tilanta.




DOI: https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v2i2.804

Article Metrics

Abstract view : 198 times
PDF - 186 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.