ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PAUD HARAPAN KITA NANGA PINOH
DOI:
https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v3i1.1026Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan Kognitif siswa PAUD Harapan Kita serta untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi kemampuan kognitif PAUD Harapan Kita.Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 siswa Paud kelas B, guru kelas dan Kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes, serta instrumen penelitian yang menggunakan tes lisan dan wawancara yang mengacu pada indikator kemampuan kognitif siswa dan faktor yang mempengaruhi kemampuan kognitif siswa, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi.Hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukan bahwa kemampuan kognitif siswa PAUD Harapan Kita sudah sangat baik dilihat dari hasil tes lisan pada tabel 4.1 dan juga pada hasil wawancara anak- anak sudah bisa menjawab semua pertanyaan yang peneliti berikan tetapi tidak semua siswa bisa memahami isi dari pertanyaan tersebut. Adapun fakor yang mempengaruhi kemampuan kognitif siswa yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal anak mau belajar serta mau mendengarkan saat guru menerangkan pembelajaran serta cepat mengerti dengan pembelajaran yang diberikan dan mendapatkan pola asuh yang benar adapun faktor eksternal lingkungan keluarga anak mendapatkan perhatian yang cukup dari orang tua serta pergaulan yang baik dengan teman- temannya. Sedangkan disekolah saat pembelajaran menggunakan media pembelajaran sehingga anak mudah mengerti akan pembelajaran yang diberikan serta lingkungan sekolah yang medukung suasana belajar baik outdoor maupun indoor.Kesimpulannya kemampuan kognitif siswa PAUD Harapan Kita sudah sangat baik tinggal bagaimana guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan agar anak semangat dalam belajar.
                  Â
References
Ade Holis. 2016. Belajar Melalui Bermain Untuk Pengembangan Kreativitas Dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan. Volume 9 Nomor 1.
Asrori, M. 2003. Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara
Berk, L.E. 2006. Child development 6 edition. Boston, MA: Allyn and Bacon
Carter. W.K. 2009. Akuntansi Biaya: Cost Accounting, Buku 2, Edisi 14. Salemba Empat.
Monks. 2006. Psikologi Perkembangan: Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: UGM Press.
Pudjiati dan Alzena. 2011. Mengasah Kecerdasan di Usia 0-2 Tahun. Jakarta: Dirjen PAUDNI.
Santrock, J. 2002. Dolescence: Perkembangan Remaja. (Edisi Keenam). Jakarta: Erlangga.
Sudijono, A. 2015. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Sukremi. 2013. Penerapan Metode Drill berbantuan Media Tangram untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B2 di TK Pradnya Paramita. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksa, 1 (1).
Suwardi & Daryanto. 2017. Manajemen Peserta Didik. Yogjakarta: Gavamedia.
Suwardiman, Siti Partini. 2003. Metode Perkembangan Daya Pikir dan Daya Cipta untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY
Wiriana. 2008. Perkembangan kognitif pada anak. Tersedia dalam. http://www.doctoc.com/docs/20992333/perkembangankognitif-padaanak, (online) diunduh 16 Agustus 2022
Yaswinda, dkk. 2018. Stimulisi Literasi (Menyimak) Pada Anak Taman Kanak-Kanak Di Kecamatan Kuranji Kota Padang. Bunga Rampai Usia Emas. Vol 4, No 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.A Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.A Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3.A Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.