PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI KEGIATAN BERMAIN DI TAMAN KANAK-KANAK DI RA IQRO

Tiya Tiya, Kurnia Dyah Anggorowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka anak melalui metode bermain pada anak di kelompok B RA IQRO Sungai Tebelian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek Penelitian ini anak kelompok B yang berjumlah 15 yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Objek penelitian ini peningkatan kemampuan mengenal angka anak melalui metode bermain. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain permainan tabung pintar dan biji-bijian dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka anak.  

Kemampuan awal sebelum tindakan menunjukkan jumlah skor keseluruhan 250 dengan hasil rata-rata presentase 15,05% dengan kriteria belum berkembang (BB) setelah dilakukan tindakan pada siklus II mengalami peningkatan dengan menunjukkan jumlah skor keseluruhan 300 dengan hasil rata- rata presentase 21,35% dengan mulai berkembang (MB). Setelah dilakukan tindakan pada siklus III mengalami peningkatan besar dengan menunjukkan jumlah skor keseluruhan 905 dengan hasil rata-rata presentase 87,12% dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Perolehan persentase tersebut menunjukkan bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan anak di kelompok B dengan kriteria baik yang telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 80 %. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan media tabung pintar dan biji-bijian dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal angka berhasil.

Kata Kunci : Konsep Bilangan,  Bermain, Anak Usia Dini


Full Text:

PDF

References


Gronlund, N.E. & Linn, R.L. (1990). Measurement and evaluation in teaching. (6thed.). New York: Macmillan.

Effendi, S. (1982). Unsur-unsur penelitian ilmiah. Dalam Masri Singarimbun (Ed.). Metode penelitian survei. Jakarta: LP3ES

Daniel, W.W. (1980). Statistika nonparametrik terapan. (Terjemahan Tri Kuntjoro). Jakarta : Gramedia.

Suyanto, S (2009). Keberhasilan sekolah dalam ujian nasional ditinjau dari organisasi belajar. Disertasi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Jakarta.

Pritchard, P.E. (1992). Studies on the bread-improving mechanism of fungal alpha-amylase. Journal of Biological Education,26 (1), 14-17.

Retnawati, H. (2014). Teori respon butir dan penerapannya. Yogyakarta: Nuha Medika.

Rahmawati, U., & Suryanto, S. (2014). Pengembangan model pembelajaran matematika berbasis masalah untuk siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 88-97. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2667




DOI: https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v4i1.1939

Article Metrics

Abstract view : 22 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.