PENGEMBANGAN BALOK CUISSENAIRE UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF DI PAUD TK INSAN KAMIL

Authors

  • Kartini Kartini

DOI:

https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v5i2.4089

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan alat permainan edukatif untuk menstimulasikan perkembangan kognitif anak secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan balok cuissenaire guna meningkatkan perkembangan kognitif anak. Metode pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi, analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian dibuktikan dengan tahap pengembangan I permainan balok cuissenairei terlaksana 50% dengan perkembangan kognitif mencapai 48,16%, pada tahap pengembangan II permainan balok cuissenaire terlaksana 71,87% dengan perkembangan kognitif meningkat menjadi 62,99% dan tahap pengembangan III mencapai 90,62% dan perkembangan kognitif mencapai 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan alat permainan edukatif balok cuissenaire dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Jonggat.

Kata kunci: Balok Cuissenaire, Perkembangan Kognitif, Anak Usia Dini

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pedekatan Praktik

Binsa, U. H., & Lestari, S. A. (2021). Implementasipermainan Edukatif Barang Bekas Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di Paudar-Rohim Desa Sumberbening Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi. Kurikula: Jurnal Pendidikan, 6(1), 28-47.

Fahruddin, F., Rachmayani, I., Astini, B. N., & Safitri, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 49-53.

Habibi Muazar. (2015). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV Budi Utama

Istikomah. Titis., Lian. Bukman., Noverina. Romadona. (2020). Pengaruh permainan balok cuissenaire terhadap kemampuan berhitung pada anak Kelompok A TK Nusa Indah Palembang. Yaa Bunaya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 4 No. 2, 133-137

Kementrian Pemdidikan Nasional. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Mentri Pendidikan Nasional.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Kurikulum Taman Kanak-Kanak (Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak). Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Murniati., Makki, M., & Musaddat, S. (2022). Analisis Buku Siswa Sekolah Dasar Kelas III Tema I Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Aspek Bahasa, Penyajian dan Tampilan. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 10-15.

Nuraini., Jaelani, A. K., Suarta, I. N., & Astini, B. N. (2023). Identifikasi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Mengembangkan Bahasa Anak. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 33-40.

Nurfadniati., Habibi, M. M., Jaelani, A. K., & Astini, B. N. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Media Boneka Tangan. Journal of Classroom Action Research, 4(4).

Nurhasanah. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Mataram: Arga Puji Press

Rahayu, Dwi. Istati. (2018) Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Mataram: FKIP Universitas Mataram

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto., Ahmad. (2012) Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia

Talango, S. R. (2022). Alat Permainan Edukatif Berbasis Multiple Intellegence. Runzune Sapta Konsultan.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Kartini, K. (2025). PENGEMBANGAN BALOK CUISSENAIRE UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF DI PAUD TK INSAN KAMIL. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 58–62. https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v5i2.4089

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>