PENGEMBANGAN BALOK CUISSENAIRE UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF DI PAUD TK INSAN KAMIL
DOI:
https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v5i2.4089Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan alat permainan edukatif untuk menstimulasikan perkembangan kognitif anak secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan balok cuissenaire guna meningkatkan perkembangan kognitif anak. Metode pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi, analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian dibuktikan dengan tahap pengembangan I permainan balok cuissenairei terlaksana 50% dengan perkembangan kognitif mencapai 48,16%, pada tahap pengembangan II permainan balok cuissenaire terlaksana 71,87% dengan perkembangan kognitif meningkat menjadi 62,99% dan tahap pengembangan III mencapai 90,62% dan perkembangan kognitif mencapai 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan alat permainan edukatif balok cuissenaire dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Jonggat.
Kata kunci: Balok Cuissenaire, Perkembangan Kognitif, Anak Usia DiniReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pedekatan Praktik
Binsa, U. H., & Lestari, S. A. (2021). Implementasipermainan Edukatif Barang Bekas Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di Paudar-Rohim Desa Sumberbening Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi. Kurikula: Jurnal Pendidikan, 6(1), 28-47.
Fahruddin, F., Rachmayani, I., Astini, B. N., & Safitri, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 49-53.
Habibi Muazar. (2015). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV Budi Utama
Istikomah. Titis., Lian. Bukman., Noverina. Romadona. (2020). Pengaruh permainan balok cuissenaire terhadap kemampuan berhitung pada anak Kelompok A TK Nusa Indah Palembang. Yaa Bunaya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 4 No. 2, 133-137
Kementrian Pemdidikan Nasional. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Mentri Pendidikan Nasional.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Kurikulum Taman Kanak-Kanak (Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak). Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Murniati., Makki, M., & Musaddat, S. (2022). Analisis Buku Siswa Sekolah Dasar Kelas III Tema I Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Aspek Bahasa, Penyajian dan Tampilan. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 10-15.
Nuraini., Jaelani, A. K., Suarta, I. N., & Astini, B. N. (2023). Identifikasi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Mengembangkan Bahasa Anak. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 33-40.
Nurfadniati., Habibi, M. M., Jaelani, A. K., & Astini, B. N. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Media Boneka Tangan. Journal of Classroom Action Research, 4(4).
Nurhasanah. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Mataram: Arga Puji Press
Rahayu, Dwi. Istati. (2018) Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Mataram: FKIP Universitas Mataram
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susanto., Ahmad. (2012) Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group
Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia
Talango, S. R. (2022). Alat Permainan Edukatif Berbasis Multiple Intellegence. Runzune Sapta Konsultan.
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.A Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.A Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3.A Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.