PENGARUH TEAM TEACHING PENDIDIK PADA PENGENALAN TEMATERHADAP PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL

Authors

  • Kartini Kartini STKIP Melawi
  • Muhammad Akip STKIP Melawi

DOI:

https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v5i1.3444

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan pengaruh team teaching pendidik pada pengenalan tema rekreasi perkembangan kecerdasan emosional anak usia dini, dan (2)  mengetahui efektivitas team teaching pendidik pada pengenalan tema rekreasi perkembangan kecerdasan emosional anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah peserta didik di PAUD Mutiara Hati Nanga Pinoh. Instrumen penelitian ini adalah angket kecerdasan emosional anak usia dini. Data dianalisis dengan t-test pada taraf signifikansi 5%. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat  pengaruh yang signifikan dari penerapan team teaching pendidik pada tema rekreasi terhadap perkembangan kecerdasan emosional anak usia dini.

References

Asmani, J. (2010). Pengenalan Dan Pelaksanaan Lengkap Micro Teaching & Team Teaching. Yogyakarta : Diva Press

Cohen, J. (2006). Social, emotional, ethnical and academic educaton:Creating

climate for learning, participation in democracy and wellbeing. Harvard

Education Review, Vol. 71 No. 2 Summer 2006.

Wollner, M., & Ginsborg. (2011). Team Teaching in the conservatoire: The views of music performance staff and students. B.J Music, 28: 3, 301

Goetz, K. (2000). Perspectives on Team Teaching, Artikel 4, 200, Akses 15 Oktober 2015, dari http/www.ucalgary.ca/eggallery

Goleman, D. (1997). Emotional intelligence. (Terjemahan T Hermaya). New York: Scientific Ame rican, Inc. (buku asli diterbitkan tahun 1994).

Jang, S. (2006). Research on the effects of team teaching upon two secondary school teachers, 16, 1.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. 2007. Desain Pengembangan Tematik Bagi anak Usia Dini..

Mubayidh, M. (2010). Kecerdasan dan kesehatan emosional anak. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar

Menteri Pendidikan & Kebudayaan. 2014. Ketentuan Umum Peraturan Menteri Nomor. 137 Tahun 2014, tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini.

Setiawan, B. (2014). “Keefektifan Team Teaching Pendidik Program Pendidikan dan Pengembangan Anak Usia Diniâ€. Tesis Magister. Universitas Yogyakarta, Indonesia

Shapiro, E. (1998). Mengajarkan emotional intelegence pada anak. (Terjemahan Alex Tri Kantjono Widodo). New York: HarperCollins Publishers, Inc. (buku asli diterbitkan tahun 1997).

Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik (bagi anak usia dini TK/RA dan anak usia kelas awal SD/MI). Jakarta : Kencana.

Trum, L. (1964). Team Teaching. New York: Indian University Press

Downloads

How to Cite

Kartini, K., & Akip, M. (2025). PENGARUH TEAM TEACHING PENDIDIK PADA PENGENALAN TEMATERHADAP PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 24–31. https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v5i1.3444

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>