PENGARUH TEAM TEACHING PENDIDIK PADA PENGENALAN TEMATERHADAP PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL
DOI:
https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v5i1.3444Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan pengaruh team teaching pendidik pada pengenalan tema rekreasi perkembangan kecerdasan emosional anak usia dini, dan (2) mengetahui efektivitas team teaching pendidik pada pengenalan tema rekreasi perkembangan kecerdasan emosional anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah peserta didik di PAUD Mutiara Hati Nanga Pinoh. Instrumen penelitian ini adalah angket kecerdasan emosional anak usia dini. Data dianalisis dengan t-test pada taraf signifikansi 5%. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan team teaching pendidik pada tema rekreasi terhadap perkembangan kecerdasan emosional anak usia dini.
References
Asmani, J. (2010). Pengenalan Dan Pelaksanaan Lengkap Micro Teaching & Team Teaching. Yogyakarta : Diva Press
Cohen, J. (2006). Social, emotional, ethnical and academic educaton:Creating
climate for learning, participation in democracy and wellbeing. Harvard
Education Review, Vol. 71 No. 2 Summer 2006.
Wollner, M., & Ginsborg. (2011). Team Teaching in the conservatoire: The views of music performance staff and students. B.J Music, 28: 3, 301
Goetz, K. (2000). Perspectives on Team Teaching, Artikel 4, 200, Akses 15 Oktober 2015, dari http/www.ucalgary.ca/eggallery
Goleman, D. (1997). Emotional intelligence. (Terjemahan T Hermaya). New York: Scientific Ame rican, Inc. (buku asli diterbitkan tahun 1994).
Jang, S. (2006). Research on the effects of team teaching upon two secondary school teachers, 16, 1.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. 2007. Desain Pengembangan Tematik Bagi anak Usia Dini..
Mubayidh, M. (2010). Kecerdasan dan kesehatan emosional anak. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar
Menteri Pendidikan & Kebudayaan. 2014. Ketentuan Umum Peraturan Menteri Nomor. 137 Tahun 2014, tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini.
Setiawan, B. (2014). “Keefektifan Team Teaching Pendidik Program Pendidikan dan Pengembangan Anak Usia Diniâ€. Tesis Magister. Universitas Yogyakarta, Indonesia
Shapiro, E. (1998). Mengajarkan emotional intelegence pada anak. (Terjemahan Alex Tri Kantjono Widodo). New York: HarperCollins Publishers, Inc. (buku asli diterbitkan tahun 1997).
Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik (bagi anak usia dini TK/RA dan anak usia kelas awal SD/MI). Jakarta : Kencana.
Trum, L. (1964). Team Teaching. New York: Indian University Press
Downloads
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.A Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.A Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3.A Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.