MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA ULAR TANGGA DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK YOSI NANGA PINOH KABUPATEN MELAWI
DOI:
https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v3i2.1863Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka anak melalui metode bermain pada anak di kelompok B TK Yosi Nanga Pinoh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek Penelitian ini anak kelompok B yang berjumlah 15 yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Objek penelitian ini peningkatan kemampuan mengenal angka anak melalui metode bermain. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka anak. Kemampuan awal sebelum tindakan menunjukkan jumlah skor keseluruhan 415 dengan hasil rata-rata presentase 29,64% dengan kriteria belum berkembang (BB) setelah dilakukan tindakan pada siklus I mengalami peningkatan dengan menunjukkan jumlah skor keseluruhan 635 dengan hasil rata- rata presentase 45,35% dengan berkembang sesuai harapan (BSH). Setelah dilakukan tindakan pada siklus II mengalami peningkatan besar dengan menunjukkan jumlah skor keseluruhan 1205 dengan hasil rata-rata presentase 86,07% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB).Perolehan persentase tersebut menunjukkan bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan anak di kelompok B dengan kriteria baik yang telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 80 %. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan media ular tangga dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal angka.
Kata Kunci : Media Ular Tangga, Kognitif, Angka
Â
References
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Yus, A.(2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Bredekamp, S. & Copple, C. (1997). Developmentally appropriate practice in early childhood programs. Washington, D.C: A 1996-97 NAEYC
Comprehensive Membership Benefit. National Association for the Education of Young Children. Retrieved from https://www.naeyc.org/sites/default/files/globallyshared/downloads/PDFs/resources/position-statements/PSSDAP.pdf
De pdilcras. (2003). Undang-Undang Sistern Pendidikan Nasional. Jakarta. Sinar Grafika.
Hurlock, B, E. (1978). Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta : Erlangga.
Kuntojo. (2015). Psikologi perkembangan. Jogjakarta: Diction.
Kusumah, W dan Dwitagama, D. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran Di Taman Kanak – Kanak. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Tadkiroatun, M. (2012). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Sudjana, N. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo. Bandung.
Nasution. (2011). Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: PT Bumi Aksara. Penyusun, Tim. 2012.
Partini. (2010). Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.
Rachman, Nurdizal M. Efendi, A dan Wicaksana, E. (2011). Panduan Lengkap Perencanaan CSR. Jakarta: Penebar Swadaya.
Slamet Suyanto. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat Publising.
Sriningsih. (2008). Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung. Pustaka Sebelas.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Yudha M Saputra & Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak Tk. Jakarta:DepDiknas, Dikti, Direktorat P2TK2PT.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.A Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.A Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3.A Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.