Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas III SD Negeri 18 Tanjung Sari

Authors

  • Lili Rahmawati STKIP Melawi, Indonesia
  • Ahmad Khoiri STKIP Melawi, Indonesia
  • Aprima Tirsa STKIP Melawi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/jppsd.v2i2.2129

Keywords:

Peran Guru, Kemampuan Membaca Puisi

Abstract

Abstract : : This study aims to determine the teacher's role in improving poetry reading skills at SD Negeri 18 Tanjung Sari. In addition, the purpose of this study was to find out how the teacher improved the poetry reading skills of the students of SD Negeri 18 Tanjung Sari. The study used a descriptive qualitative approach with the research subjects being the third grade guardians of SD Negeri 18 Tanjung Sari and the third grade students of SD Negeri 18 Tanjung Sari, totaling 17 students. Data collection through interview instruments. The data were analyzed by the steps of data collecting, data reduction, data presentation and data clarification. The results of this study indicate that the teacher's role in improving the poetry reading skills of third grade students at SD Negeri 18 Tanjung Sari is as follows: the teacher's task in improving students' poetry reading skills is good, how to improve the poetry reading skills of third grade students at SD Negeri 18 Tanjung Sari is good, the teacher's role in improving the poetry reading skills of third grade students of SD Negeri 18 Tanjung Sari is good. This can be seen from the 10 indicators in this study, the teacher carries out his role to the maximum.

Keywords: Teacher's Role, Poetry Reading Ability. 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca puisi di SD Negeri 18 Tanjung Sari. Selain itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara guru meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa SD Negeri 18 Tanjung Sari. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian adalah wali kelas III SD Negeri 18 Tanjung Sari dan siswa kelas III SD Negeri 18 Tanjung Sari yang berjumlah 17 siswa. Pengumpulan data melalui instrument wawancara. Data dianalisis dengan langkah-langkah data collecting, reduksi data, penyajian data dan klarifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas III SD Negeri 18 Tanjung Sari adalah sebagai berikut: tugas guru dalam meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa sudah baik, cara meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas III SD Negeri 18 Tanjung Sari sudah baik, peran guru dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas III SD Negeri 18 Tanjung Sari sudah baik. Hal ini bisa dilihat dari 10 indikator pada penelitian ini, guru melaksaanakan perannya dengan maksimal.

Kata Kunci : Peran Guru, Kemampuan Membaca Puisi.

Author Biography

Lili Rahmawati, STKIP Melawi

Mahasiswa STKIP Melawi

References

Aan Hasanah. (2012). Pengembangan Profesi Guru, Bandung:CV Pustaka Setia.

Eufrasia Findrianasari Indriamukti. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Anak Melalui Pembelajaran Kontelekstualâ€. (2018). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Imam Wahyudi (2012). Mengajar Profesionalisme Guru, Jakarta: Prestasi Pustaka.

Khuluqo Ihsana E.l (2017). Belajar Dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mouses, Melmambessy. 2012.“Analisis Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, Dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Dinas Pertambangan Dan Energy Provinsi Papuaâ€. Media Riset Bisnis & Manajemen.

Salad, (2014). Paduan Wacana & Apresiasi Seni Baca Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Triyanto Teguh. (2014). Pengantar Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-05-20

How to Cite

Rahmawati, L., Khoiri, A., & Tirsa, A. (2024). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas III SD Negeri 18 Tanjung Sari. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.46368/jppsd.v2i2.2129

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>