Analisis Kemampuan Komunikasi Interaktif Pada Proses Pembelajaran di Kelas III SDN 09 Tanjung Lay
DOI:
https://doi.org/10.46368/jppsd.v3i1.3374Keywords:
Komunikasi, Interaktif dan BelajarAbstract
Keywords: Communication, Interactive and Learning.
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui deskripsi lengkap mengenai komunikasi interaktif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah yang menjadi faktor dari kurangnya aktivitas komunikasi interaktif dan Bagaimana strategi yang tepat untuk mengatasi kurangnya komunikasi interaktif yang terjadi pada proses pembelajaran dikelas III SDN 09 Tanjung Lay. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN 09 Tanjung Lay. Objek penelitian adalah komunikasi interaktif yang terjadi pada guru dan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung di kelas III SDN 09 Tanjung Lay.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Desain kualitatif deskriptif. Pendekatan deskriptif. Peneliti melakukan tahapan berikut: Persiapan Penelitian, Pelaksanaan Penelitian, Akhir Penelitian Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 09 Tanjung Lay Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. Penelitian direncanakan pada bulan Mei tahun ajaran 2022/2023. Teknik Pengumpulan Data data diperoleh dari berbagai sumber dengan menggunakan teknik trianggulasi. Teknik pengumpulan data yang  digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi penyampaian materi yang kurang bervariasi dari guru menjadi hambatan yang signfikan, komunikator (guru) kurang sabar terhadap murid yang belum mampu tanggap cepat memahami materi, serta media yang kurang menarik dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif, sehingga pembelajaran terasa membosankan dan siswa tidak tertarik mengikuti proses pembelajaran, sehingga hal tersebut membuat perhatian siswa bercabang, mulai dari siswa asik bermain sendiri dan siswa yang asik ngobrol dengan teman sebangkunya. Strategi digunakan guru agar komunikasi interaktif proses pembelajaran optimal: Mengawali pertemuan yang baik, mengetahui minat dan karakter siswa, menggunakan metode belajar sambil bermain, melakukan tanya jawab, berdiskusi, menggunakan bahasa yang baik, dan membangun kekompakan dalam kelas.
Kata Kunci: Komunikasi, Interaktif dan Belajar
References
Ahmad, Syarwani & Harapan, Edi. (2014). Komunikasi Antar Pribadi. PT Raja Grafindo.
Andini. (2014). Multimedia Interaktif sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar. Jakarta: Kencana.
Anita, Rizqa & Anugrah, Zulbahridar. (2016). Analisis Penerimaan. Auditor Atas Dysfunctional Audit Behavior: Studi Empiris pada Kantor
Effendy, Onong Uchjana. (2015). Ilmu, Komunikasi Teori dan Praktek Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditia Bakti.
Fauziya, S.D. (2018). Strategi Komunikasi Interaktif Edukatif Berbasis Kearifan Lokal Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat.
Giantika, G. (2020). Strategi Komunikasi Guru dalam Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Siswa SDN Tebet Barat 01 Jakarta Selatan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi.
Hartono, Bambang. (2013). Sistem Informasi Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta.
Huriaty, D. (2010). Mengembangkan Komunikasi Yang Efektif Dalam Pembelajaran Di Kelas. Jurnal Al-Bidayah.
Muhammad. (2016). Komunikasi Organisasi. Jakarta; Bumi Aksara. Bintoro
Mulyana, Deddy. (2014). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Naim, N. (2016). Dasar-Dasar Komunikasi Pendidikan. Yogykarta: Ar-Ruzz Media.
Nofrion. (2016). Komunikasi Pendidikan: Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.
Nurudin. (2017). Ilmu Komunikasi: Ilmiah dan Populer. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Permana, H. (2020). Pola Komunikasi Guru dan Murid Menggunakan Metode Pembelajaran Kelas Daring di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Komunikasi.
Rizkiana, Atya. (2014). Pengaruh Status Sosial. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Sanjaya, Wina. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suardi, Moh. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sunarya. (2018). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru dan Siswa. Jurnal Al-Ta’dib.
Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Tamba.
Syarifudin. (2018). Membangun Etos Kerja Guru. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam.
Warsita, Bambang. (2012). Pendidikan Jarak Jauh. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.