EFEKTIVITAS MEDIA PAPAN HURUF TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DASAR ANAK USIA DINI KELOMPOK B PAUD KEMUNING DESA TEKELAK

Authors

  • Isnanul Khairi STKIP Melawi
  • Kasihani Lestari STKIP Melawi
  • Wahyu Septiadi STKIP Melawi

DOI:

https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v5i1.3468

Abstract

Kemampuan mengenal huruf pada papan huruf untuk anak Usia dini  masih menggunakan metode Menghafal, Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan anak usia dini untuk menghafal hurup pada papan huruf, dan untuk meningkatkan daya ingatan anak usia dini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, peneliti  melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok B PAUD KEMUNING DESA TEKELAK yang berjumlah 11 anak, 6 laki-laki dan 5 perempuan. Kemampuan mengenal huruf dengan metode menghapal pada anak mengalami peningkatan dengan menggunakan media papan huruf.

Kata kunci: Media Papan Huruf, Literasi Dasar Anak Usia Dini.

References

Agustini, R., Juliana, R., Rosmaimuna, Gaja, R. H., & Yuisman, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak pada Raudatul Athfal Arafah. Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 7(1), 99–114.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v7i1.99-114 Andini, A. N., & Mubin, A. N. (2022). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.18860/jpaui.v1i1.1076

Asmawati, L. (2017). Konsep Pembelajaran PAUD (Kuswandi (ed.); 1st ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Ambros Leonangung Edu. (2021). Guru dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, Vol. 2, No. 2

Astuti, A. W., Drupadi, R., Syafrudin, U., Pg-paud, S., & Lampung, U. (2021). Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 73–81.

Amalia Utara. (2021). Peranan guru dalam memotivasi belajar. Jurnal Literasi Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 4, No. 4

Damayanti, P. D., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE) terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. As-SABIQUN Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 443–455. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun

Fakhriyani, Diana Vidya. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Universitas Islam Madura. (on- line) tersedia di: http://www.uim.ac.id (20 maret 2023)

Firdaus, P. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 66–73. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5313

Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. In Media Pembelajaran. CV. Jakad Publishing Surabaya.

Hartati, S., & Yeni, A. (2020). Studi Literatur: Stimulasi Kemampuan Anak Mengenal Huruf melalui Permainan Menguraikan Kata di Taman Kanak-kanak Alwidjar Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 608–616.

Isjoni. (2017). Model Pembelajaran Anak Usia Dini (Adrie (ed.); 5th ed.). Alfabeta.

Ismawati, N., Widayati, S., & Khimairoh, L. (2023). Meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usia 5-6 tahun melalui media papan pintar. Jurnal AUDHI, 6(1), 10–20. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHI

Juliandini, A. I., Rahman, T., & Respati, R. (2022). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Papan Aktivitas sebagai Stimulus Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 783–789.

Kapiso, W., Djuko, R. U., & Laiya, S. W. (2021). Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak. Student Journal of Early Childhood Education, 1(1), 29–39. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/SJECE

Latif, M., Zukhairina, Zubaidah, R., & Afandi, M. (2016). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini (Suwito (ed.); 1st ed.). Prenadamedia Group.

Sireger, R. A. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Huruf di TK Negeri Pembina I kOTA Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Literasiologi, 2(1), 54–69.

Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=qQRBDwAAQBAJ&dq=pendidikan+anak+usi a+dini&lr=&hl=id&source=gbs_navlinks_s

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.(2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayan Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta

Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (2020). Mengembangkan Literasi Awal Anak di Keluarga. Jakarta Mielonen, A. M., & Paterson , W. (2009). Developing Literacy through Play. Journal of Inquiry & Action in Education, 15-46.

Syarifah Halifah, Hasmiah, K. Sevima, (2020). Pengertian Literasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Prinsip. Diakses https://sevima.com/pengertian-literasi-menurut-para-ahli-tujuan-manfaat-jenis-dan-prinsip/ [12 November 2021]

(2023). Penerapan Alat Permainan Edukatif pada Keaksaraan Awal. 5(2), 268–278. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej

Downloads

Published

2025-01-17

How to Cite

Khairi, I., Lestari, K., & Septiadi, W. (2025). EFEKTIVITAS MEDIA PAPAN HURUF TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DASAR ANAK USIA DINI KELOMPOK B PAUD KEMUNING DESA TEKELAK. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 32–40. https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v5i1.3468

Citation Check

Most read articles by the same author(s)