EFEKTIVITAS MEDIA PAPAN HURUF TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DASAR ANAK USIA DINI KELOMPOK B PAUD KEMUNING DESA TEKELAK
DOI:
https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v5i1.3468Abstract
Kemampuan mengenal huruf pada papan huruf untuk anak Usia dini  masih menggunakan metode Menghafal, Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan anak usia dini untuk menghafal hurup pada papan huruf, dan untuk meningkatkan daya ingatan anak usia dini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, peneliti melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok B PAUD KEMUNING DESA TEKELAK yang berjumlah 11 anak, 6 laki-laki dan 5 perempuan. Kemampuan mengenal huruf dengan metode menghapal pada anak mengalami peningkatan dengan menggunakan media papan huruf.
Kata kunci:Â Media Papan Huruf, Literasi Dasar Anak Usia Dini.
References
Agustini, R., Juliana, R., Rosmaimuna, Gaja, R. H., & Yuisman, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak pada Raudatul Athfal Arafah. Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 7(1), 99–114.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v7i1.99-114 Andini, A. N., & Mubin, A. N. (2022). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.18860/jpaui.v1i1.1076
Asmawati, L. (2017). Konsep Pembelajaran PAUD (Kuswandi (ed.); 1st ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Ambros Leonangung Edu. (2021). Guru dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, Vol. 2, No. 2
Astuti, A. W., Drupadi, R., Syafrudin, U., Pg-paud, S., & Lampung, U. (2021). Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 73–81.
Amalia Utara. (2021). Peranan guru dalam memotivasi belajar. Jurnal Literasi Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 4, No. 4
Damayanti, P. D., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE) terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. As-SABIQUN Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 443–455. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun
Fakhriyani, Diana Vidya. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Universitas Islam Madura. (on- line) tersedia di: http://www.uim.ac.id (20 maret 2023)
Firdaus, P. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 66–73. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5313
Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. In Media Pembelajaran. CV. Jakad Publishing Surabaya.
Hartati, S., & Yeni, A. (2020). Studi Literatur: Stimulasi Kemampuan Anak Mengenal Huruf melalui Permainan Menguraikan Kata di Taman Kanak-kanak Alwidjar Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 608–616.
Isjoni. (2017). Model Pembelajaran Anak Usia Dini (Adrie (ed.); 5th ed.). Alfabeta.
Ismawati, N., Widayati, S., & Khimairoh, L. (2023). Meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usia 5-6 tahun melalui media papan pintar. Jurnal AUDHI, 6(1), 10–20. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHI
Juliandini, A. I., Rahman, T., & Respati, R. (2022). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Papan Aktivitas sebagai Stimulus Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 783–789.
Kapiso, W., Djuko, R. U., & Laiya, S. W. (2021). Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak. Student Journal of Early Childhood Education, 1(1), 29–39. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/SJECE
Latif, M., Zukhairina, Zubaidah, R., & Afandi, M. (2016). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini (Suwito (ed.); 1st ed.). Prenadamedia Group.
Sireger, R. A. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Huruf di TK Negeri Pembina I kOTA Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Literasiologi, 2(1), 54–69.
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=qQRBDwAAQBAJ&dq=pendidikan+anak+usi a+dini&lr=&hl=id&source=gbs_navlinks_s
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.(2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayan Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (2020). Mengembangkan Literasi Awal Anak di Keluarga. Jakarta Mielonen, A. M., & Paterson , W. (2009). Developing Literacy through Play. Journal of Inquiry & Action in Education, 15-46.
Syarifah Halifah, Hasmiah, K. Sevima, (2020). Pengertian Literasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Prinsip. Diakses https://sevima.com/pengertian-literasi-menurut-para-ahli-tujuan-manfaat-jenis-dan-prinsip/ [12 November 2021]
(2023). Penerapan Alat Permainan Edukatif pada Keaksaraan Awal. 5(2), 268–278. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.A Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.A Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3.A Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.