PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS MAHASISWA PG-PAUD DALAM PEMBUATAN MPASI PADA MATA KULIAH ILMU GIZI

Authors

  • Kasihani Lestari STKIP Melawi, Indonesia
  • Zhilla Rahim Universitas Syiah Kuala, Indonesia
  • Mukhlisin Mukhlisin STKIP Melawi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v5i1.3411

Abstract

Pendekatan Project Based Learning (PjBL) telah banyak diakui sebagai metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kreativitas dan keterampilan praktis mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh PjBL terhadap kreativitas mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) dalam pembuatan Makanan Pendamping ASI (MPASI) pada mata kuliah Ilmu Gizi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket, Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL secara signifikan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam merancang dan membuat MPASI yang inovatif, bergizi, dan sesuai dengan kebutuhan anak usia dini. Dari pelaksanaan penelitian didapatkan data yang signifikan yang menyatakan bahwa Project Based Learning dapat mempengaruhi tingkat kreativitas mahasiswa dalam pembuatan menu MPASI di mata kuliah Ilmu Gizi pada jurusan PG PAUD.

References

Astuti, R. I. P., Toenlioe, A. J., & Husna, A. (2018). Persepsi mahasiswa teknologi pendidikan angkatan 2016 terhadap penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) pada matakuliah pengembangan media foto (Fotografi). Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 43-52.

Galetti V, Mitchikpe CES, Kujinga P, Tossou F, Hounhouigan DJ, Zimmermann MB, et al. Rural Beninese Children Are at Risk of Zinc Deficiency According to Stunting Prevalence and Plasma Zinc Concentration but Not Dietary Zinc Intakes. J Nutr [Internet]. 2016;146(1):114–23.

Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2018). PJBL to Improve Student Creativity: A Descriptive Study of the Role of the Pjbl Learning Model in Improving Student Creativity. Journal of PGRI University Lecturers Palembang, 2(1), 1–11. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/index

Insani, A., & Dini, U. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Membuat Alat Permainan Edukatif untuk Anak Usia Dini pada Mahasiswa S-1 PG-PAUD Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, 5.

Liputo, S. A., Bait, Y., & Limonu, M. (2023). Pelatihan pembuatan MPASI Tinggi Gizi Berbahan Pangan Lokal Sebagai Upaya Pencegahan Stunting Pada Pos Gizi Bagi Ibu Hamil dan Balita di Desa Iloheluma Kabupaten Bonebolango Gorontalo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Pertanian, 2(1), 106–111. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jpmtp/article/view/21073/6937

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa, 30(1), 79–83.

World Health Organization. Global strategy for infant and young child feeding. Report. 2003;1–30.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Lestari, K., Rahim, Z., & Mukhlisin, M. (2025). PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS MAHASISWA PG-PAUD DALAM PEMBUATAN MPASI PADA MATA KULIAH ILMU GIZI. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 19–23. https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v5i1.3411

Citation Check

Most read articles by the same author(s)