PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS MAHASISWA PG-PAUD DALAM PEMBUATAN MPASI PADA MATA KULIAH ILMU GIZI
DOI:
https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v5i1.3411Abstract
Pendekatan Project Based Learning (PjBL) telah banyak diakui sebagai metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kreativitas dan keterampilan praktis mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh PjBL terhadap kreativitas mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) dalam pembuatan Makanan Pendamping ASI (MPASI) pada mata kuliah Ilmu Gizi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket, Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL secara signifikan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam merancang dan membuat MPASI yang inovatif, bergizi, dan sesuai dengan kebutuhan anak usia dini. Dari pelaksanaan penelitian didapatkan data yang signifikan yang menyatakan bahwa Project Based Learning dapat mempengaruhi tingkat kreativitas mahasiswa dalam pembuatan menu MPASI di mata kuliah Ilmu Gizi pada jurusan PG PAUD.
References
Astuti, R. I. P., Toenlioe, A. J., & Husna, A. (2018). Persepsi mahasiswa teknologi pendidikan angkatan 2016 terhadap penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) pada matakuliah pengembangan media foto (Fotografi). Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 43-52.
Galetti V, Mitchikpe CES, Kujinga P, Tossou F, Hounhouigan DJ, Zimmermann MB, et al. Rural Beninese Children Are at Risk of Zinc Deficiency According to Stunting Prevalence and Plasma Zinc Concentration but Not Dietary Zinc Intakes. J Nutr [Internet]. 2016;146(1):114–23.
Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2018). PJBL to Improve Student Creativity: A Descriptive Study of the Role of the Pjbl Learning Model in Improving Student Creativity. Journal of PGRI University Lecturers Palembang, 2(1), 1–11. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/index
Insani, A., & Dini, U. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Membuat Alat Permainan Edukatif untuk Anak Usia Dini pada Mahasiswa S-1 PG-PAUD Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, 5.
Liputo, S. A., Bait, Y., & Limonu, M. (2023). Pelatihan pembuatan MPASI Tinggi Gizi Berbahan Pangan Lokal Sebagai Upaya Pencegahan Stunting Pada Pos Gizi Bagi Ibu Hamil dan Balita di Desa Iloheluma Kabupaten Bonebolango Gorontalo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Pertanian, 2(1), 106–111. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jpmtp/article/view/21073/6937
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa, 30(1), 79–83.
World Health Organization. Global strategy for infant and young child feeding. Report. 2003;1–30.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.A Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.A Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3.A Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.