KREATIVITAS MAHASISWA CALON GURU DALAM MEMODIFIKASI PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH MICRO TEACHING PROGRAM STUDI PG-PAUD STKIP MELAWI

Authors

  • Kasihani Lestari STKIP Melawi, Indonesia
  • Mukhlisin Mukhlisin STKIP Melawi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v4i2.2545

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kreativitas mahasiswa calon guru PAUD di STKIP Melawi dalam memodifikasi pembelajaran pada mta kuliah micro teaching. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan melakukan survei kepada dosen pengampu mata kuliah micro teaching Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini di STKIP Melawi. Survei dilakukan dengan menyebarkan angket (google form). Berdasarkan hasil penelitian Berdasarkan hasil perolehan angket dapat disimpulkan bahwa mahasiswa calon guru PAUD sudah menguasai 8 keterampilan mengajar dengan baik, hanya pada beberapa kategori keterampilan beberapa mahasiswa masih pada kategori cukup. Sehingga dapat disimpulkan mahasiswa sudah cukup kreatif dalam memodifikasi  pembelajaran.

 

Kata Kunci: Kreativitas Mahasiswa, Calon Guru, Micro Teaching, PG-PAUD

References

Ainul Mukholidah, & Puspasari, D. (2023). Pengaruh Microteaching Terhadap Kesiapan Mengajar Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 9(1), 56–66. https://doi.org/10.53565/pssa.v9i1.733

Andriyani, M. (2022). Keterampilan Dasar Mengajar Yang Harus Dikuasai Oleh Guru Untuk Meningkatkan Kreativitas & Efektivitas Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komputer, 1(1), 1–4.

Mansyur. (2017). KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR DAN PENGUASAAN KOMPETENSI GURU (Suatu Proses Pembelajaran Micro). El-Ghiroh, 12(01), 130–147.

Prihandani, K. L., & Panduwinata, L. F. (2022). View of Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kepegawaian di Smk Negeri 2 Buduran Sidoarjo.pdf. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13272–13284.

Sadikin, A., & Yelianti, U. (2021). Inovasi Pembelajaran Mata Kuliah Pembelajaran Mikro Berbasis Model PjBL (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Biodik, 7(3), 195–204. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.15709

Wulandari, A., Eripudin, & Arifannisa. (2019). Analisis Kemampuan Keterampilan Dasar Mengajar (Micro Teaching) Mahasiswa Angkatan I Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir. Jurnal Ilmiah Edu Research, 8(2), 9–16.

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Lestari, K., & Mukhlisin, M. (2024). KREATIVITAS MAHASISWA CALON GURU DALAM MEMODIFIKASI PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH MICRO TEACHING PROGRAM STUDI PG-PAUD STKIP MELAWI. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 34–41. https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v4i2.2545

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)