KREATIVITAS MAHASISWA CALON GURU DALAM MEMODIFIKASI PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH MICRO TEACHING PROGRAM STUDI PG-PAUD STKIP MELAWI
DOI:
https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v4i2.2545Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kreativitas mahasiswa calon guru PAUD di STKIP Melawi dalam memodifikasi pembelajaran pada mta kuliah micro teaching. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan melakukan survei kepada dosen pengampu mata kuliah micro teaching Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini di STKIP Melawi. Survei dilakukan dengan menyebarkan angket (google form). Berdasarkan hasil penelitian Berdasarkan hasil perolehan angket dapat disimpulkan bahwa mahasiswa calon guru PAUD sudah menguasai 8 keterampilan mengajar dengan baik, hanya pada beberapa kategori keterampilan beberapa mahasiswa masih pada kategori cukup. Sehingga dapat disimpulkan mahasiswa sudah cukup kreatif dalam memodifikasi  pembelajaran.
Â
Kata Kunci: Kreativitas Mahasiswa, Calon Guru, Micro Teaching, PG-PAUD
References
Ainul Mukholidah, & Puspasari, D. (2023). Pengaruh Microteaching Terhadap Kesiapan Mengajar Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 9(1), 56–66. https://doi.org/10.53565/pssa.v9i1.733
Andriyani, M. (2022). Keterampilan Dasar Mengajar Yang Harus Dikuasai Oleh Guru Untuk Meningkatkan Kreativitas & Efektivitas Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komputer, 1(1), 1–4.
Mansyur. (2017). KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR DAN PENGUASAAN KOMPETENSI GURU (Suatu Proses Pembelajaran Micro). El-Ghiroh, 12(01), 130–147.
Prihandani, K. L., & Panduwinata, L. F. (2022). View of Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kepegawaian di Smk Negeri 2 Buduran Sidoarjo.pdf. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13272–13284.
Sadikin, A., & Yelianti, U. (2021). Inovasi Pembelajaran Mata Kuliah Pembelajaran Mikro Berbasis Model PjBL (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Biodik, 7(3), 195–204. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.15709
Wulandari, A., Eripudin, & Arifannisa. (2019). Analisis Kemampuan Keterampilan Dasar Mengajar (Micro Teaching) Mahasiswa Angkatan I Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir. Jurnal Ilmiah Edu Research, 8(2), 9–16.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.A Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.A Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3.A Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.