DESKRIPSI KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KUBUS DAN BALOK

NELI ISI DORA, YUMI SARASSANTI, EKO FERY HARYADI

Abstract


Abstrak: Penelitian ini mempunyai tujuan supaya memberi pendeskripsian keterampilan representasi matematis siswa kelas VIII SMP Sinar Kasih Nanga Pinoh pada materi kubus dan balok. Pelaksanaan penelitian sebagai suatu penelitian deskriptif kualitatif yang bermetodekan kualitatif dengan mengambil data tes. Subjeknya pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Sinar Kasih yang jumlahnya 33 siswa. Objek dalam pelaksanaan penelitian yaitu kemampuan representasi matematis siswa. Penggunaan instrumennya yakni tes berbentuk essay. Berdasarkan hasil penelitian menampilkan bahwasanya kemampuan representasi matematis peserta didik pada penuntasan permasalahan dengan melibatkan ekspresi matematika, menuliskan cara untuk menyelesaikan masalah matematis dengan kata-kata yang diberi terhadap peserta didik kelas VIII SMP Sinar Kasih masuk dalam kategori rendah.Kata Kunci: kemampuan representasi matematis, kubus dan balok

 

Abstract: This study aims to describe the mathematical representation ability of class VIII students of Sinar Kasih Nanga Pinoh on material of cubes and block. This research is a qualitative descriptive study that uses qualitative methods to collect tes data. The subjects in this study were students of class VIII SMP Sinar Kasih amounting to 33 students. The object of this research is the students’ mathematical representation ability. The instrument used is a test in the form of an essay. Based on the results of the study showed that students’ mathematical representation abilities in solving problems involving mathematical expressions, writing down ways to solve mathematical problems with words given to class VIII students of SMP Sinar Kasih were in the low category.

Keywords: mathematical representation ability, cubes and block

Full Text:

PDF

References


Graciella, M., & Suwangsih, E. (2016). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Metodik Didaktik, 10(2). 27-36

Hartono, H., Firdaus, M., & Sipriyanti, S. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Dalam Materi Fungsi Dengan Pendekatan Open Ended Pada Siswa Kelas VIII MTs Sirajul Ulum PONTIANAK. Eksponen, 9(1). 08-20.

Herlina, H., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Materi Fungsi Di Kelas VIII SMP Bumi Khatulistiwa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(10). 205-214

Rahmadhani, D. A. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lingkungan Sekolah Terbaik Di Kota Pasuruan Menggunakan Metode WP (Weighted Product) Berbasis Website. JATI (jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 1(1). 242-247.

Priyono, S., & Hermanto, R. (2015). Peningkatan Kemampuan representasi matematik peserta didik dengan menggunakan model problem based learning (PBL) berbantuan media software Geogebra. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika). 1(1), 55-64

Sugiyono. (2018) "Metode Penelitian Kualitatif untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.46368/kjpm.v2i2.754

Article Metrics

Abstract view : 106 times
PDF - 75 times

Copyright (c) 2022 AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika



Contact:

Jurnal Al-Khawarizmi email: jurnalalkhawarizmi2@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.