KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PADA KONSEP SINUS

Authors

  • Sri Wati Wahyu Lestari STKIP Melawi
  • Yumi Sarassanti
  • Rindah Permatasari

DOI:

https://doi.org/10.46368/kjpm.v1i1.272

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk memperoleh deskripsi keterampilam koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal yang terkait mengenai konsep sinus. Kemampuan koneksi matematis siswa dalam menggunakan konsep atau rumus untuk menyelesaikan persoalan matematika dengan tepat masih rendah. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Ikhlas Beramal Kotabaru (MAIB Kotabaru). Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA yang terdiri dari 51 siswa yakni kelas XI jurusan IPA 1 dan XI jurusan IPA 2. Siswa kelas XI IPA 1 dan IPA 2 terdiri dari 14 orang siswa pria dan 27 siswa wanita. Penelitian ini bersifat kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik tes, wawancara serta dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar pertanyaan kemampuan koneksi matematis dan pedoman wawancara. Semua analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, triangulasi dan penarikan kesimpulan. Data yang dianalisis adalah hasil jawaban siswa dan wawancara terkait kemampuan mengoneksikan soal yang diberikan pada kelas XI mengenai konsep sinus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa di Madrasah Aliyah Ikhlas Beramal Kotabaru memiliki kemampuan yang sedang dengan persentase sebesar 61% dalam mengaitkan konsep dalam matematika. Sedangkan untuk menghubungkan ilmu matematika dengan ilmu pengetahuan lain masih dalam kategori rendah dengan persentase sebesar 51%.

Kata kunci : Koneksi Matematis, Konsep Sinus

 

Abstract: The purpose of this study was to obtain a description of the mathematical connection skills of students in solving problems related to the concept of sine. Students' mathematical connection ability in using concepts or formulas to solve math problems appropriately is still low. The research was conducted at Madrasah Aliyah Ikhlas Beramal Kotabaru (MAIB Kotabaru). The subjects in this study were class XI IPA which consisted of 51 students, namely class XI majoring in IPA 1 and XI majoring in Science 2. Class XI IPA 1 and IPA 2 students consisted of 14 male students and 27 female students. This research is qualitative in nature. This research uses test techniques, interviews and documentation. The research instrument used was a mathematical connection ability question sheet and interview guide. All data analysis was carried out through data reduction, data presentation, triangulation and conclusion drawing. The data analyzed were the results of students' answers and interviews related to the ability to connect the questions given to class XI regarding the concept of sine. The results showed that the majority of students at Madrasah Aliyah Ikhlas Beramal Kotabaru had moderate abilities with a percentage of 61% in relating concepts in mathematics. Meanwhile, connecting mathematics with other sciences is still in the low category with a percentage of 51%.

Keywords : Mathematical Connection, Sine Concept

References

Abbott, P., 2010. Swadidik Trigonometri. Bandung: Pakar Raya Pakarnya Pustaka

Baharuddin .,2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Eka Kurnia dan M.Ridwan. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung PT Refika Aditama

Jihad, Asep., 2008. Pengembangan kurikulum Matmatika. Bandung : Multi Pressindo

Miyanto dan Suparno., 2012. Matematika SMA/MA kelas X semester 2. Klaten: Intan Pariwara

NCTM. 2000. Principles and Standards for school mathematics. Reston,Va : NCTM

Syahbana, Ali.,2015. Trigonometri Dasar. Yogyakarta: Deepublish

Sugiyono.,2018. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA

Thobroni, M. 2015. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Abidin, Zainal., 2012. Analisis kesalahan mahasiswa prodi pendidikan matematika fakultas tarbiyah IAIN AR-RANIRY dalam Mata Kuliah Trigonometri dan Kalkulus-1. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, XIII (1),189-190.

Ege, Benediktus. 2016. Hubungan Antara Multiple Intelligences dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Prosiding Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM,vol.1

Hikmah, N. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Alat Peraga Mistar Bilangan Pada Siswa Kelas IV SDN 005 Samarinda Ulu. Pendas Mahakam, 1, 80-85

Malinda, Pamila dan Luvy Sylviana Zanthy. No date. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal kemampuan Koneksi Matematis Siswa Mts. Jurnal On Education, vol. 01, No.01,p.105-109

Mandur, Kanisius. 2013. Kontribusi Kemampuan Koneksi Matematis, Kemampuan Representasi, Dan Disposisi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Swasta Di Kabupaten Manggarai. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol.2. 3-4

Dewabrata, Mikael. (2019). Hasil PISA 2018 resmi diumumkan, Indonesia mengalami Penurunan setiap Bidang. Zenius Education

Pratama, Enggar.A. 2018. Analisis Kesalahan siswa dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat dan Bentuk Aakar Pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Surakarta tahun Ajaran 2017/2018. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika,3-7.

Yensi, Nurul Astuty.2018. Diagnosis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Perhitungan Peluang pada Mata Kuliah Statistika Matematika. Jurnal Pendidikan Eksakta, vol.2, No. 4, Hal : 150

Downloads

Published

2021-01-14

How to Cite

Lestari, S. W. W., Sarassanti, Y., & Permatasari, R. (2021). KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PADA KONSEP SINUS. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 18–32. https://doi.org/10.46368/kjpm.v1i1.272

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>