BERPIKIR KREATIF DALAM MENYELESAIKAN MASALAH LUAS BANGUN DATAR MENGGUNAKAN TANGRAM

Sosriyati Sosriyati, Yumi Sarassanti, Mutazam Mutazam

Abstract


Abstrak: dalam penggalian ini dasari oleh rentannya kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah menengah pertama dalam menyelesaikan luas bangun datar, sehingga pengendalian dilakukan menggunakan media tangram dalam proses pembelajaran. Mengenai arah dari penggalian ini adalah bagaimana tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa ketika mengatasi persoalan luas bangun datar menggunakan tangram. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penggalian akan memberikan gambaran secara rinci dan mendalam mengenai tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Ella Hilir dalam menyelesaikan masalah luas bangun datar mengunakan tangram. Selanjutnya hasil penelitian menunjukan bahwa siswa menjawab soal no 1a dimana memiliki indikator kelancaran dan keterincian sehingga jumlah persentase siswa yaitu 32% untuk kategori tinggi, pada kategori sedang yaitu 20%, sedangkan untuk kategori rendah yaitu 48%. Sedangkan untuk soal 1b, menunjukan bahwa siswa menjawab soal no 1b dimana memiliki indikator kelancaran dan keterincian dipersentasekan sebagai berikut siswa yang memiliki kategori tinggi yaitu 8%, untuk kategori sedang yaitu 8%, sedangkan untuk kategori rendah yaitu 84%.

 

Kata Kunci :Berpikir Kreatif, Bangun Datar, Tangram.

                              

Abstract:  This research is motivated by the low ability of creative thinking of junior high school students in completing the area of flat wake, so researchears conduct research using tangram media in the learning process. The purpose of this study is to axamine how the level of creative thinking ability of students in solving the problem of wide flat wake using tangram. The type of research used is descriptive qualitative. The results of this study will show a detailed and in-depth picture of the level of creative thinking ability of grade VII A students of SMP Negeri 1 Ella Hilir in resolving the problem of wide flat shape using tangram. Furthermore, the results showed that students answered questisons no la which have indicator of fluency and deteail so that the percentage  of students is 32% for the high category, in the medium category, in the medium category is 20%, while for the low category is 48%. Whereas for question no 1b, it was shown that students answered question no 1b which had indicators of fluency and detail being presented as follows students who had a high category of 8%, for the medium category which was 8%, whereas for the low category it was 84%.

 

Keywords : Creative Thinking, Flat Wake, Tangram.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Fardah, D. K. (2012). Analisis Proses Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Matematika FMIPA UNNES. Jurnal Kreano, ISSN: 2086-2334. Volume 3 nomor. 2 Desember 2012

Jakni. (2016). Metodologi Penulisan Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Karso. (2014). Pendidikan Matematika 1. Tanggerang: Universitas Terbuka.

Meika, I & Asep S. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa SMA. Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. JPPM Vol. 10 No. 2 (2017)

Miles, M.B & Huberman A.M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Pratiwi, dkk. (2018). Desain Pembelajaran Materi Luas Bangun Datar Menggunakan Tangram Di Kelas IV. Jurnal Inovasi Pendidikan, Volume 8, No 2, Hal: 47

Rahmani, W & Nurbaiti W. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Media Tangram. Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Hal: 2

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabet

Sujarwo, E & Tri N. H. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Dalam Menyelesaikan Soal Luas Bangun Datar. Universitas Kristen Satya Wacana. (online) Volume 2 Nomor 1.

Surjawo. 2011. Model-Model Pembelajaran Suatu Strategi Mengajar. Yogyakarta: Venus Gold Press.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Youwanda. (2011). Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menegah Pratama




DOI: https://doi.org/10.46368/kjpm.v1i1.271

Article Metrics

Abstract view : 227 times
PDF - 281 times

Copyright (c) 2020 KHAWARIZM: Jurnal Pendidikan Matematika



Contact:

Jurnal Al-Khawarizmi email: jurnalalkhawarizmi2@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.