UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA MENGGUNAKAN MODEL DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA PERMEN DI KELAS IIC SDN 04 NANGA PINOH

Yana Setiani Mutia, Yumi Sarassanti, Muhammad Akip

Abstract


abstract: this study aim to improve students` understanding of concepts in mathematics, especially the multiplication and division of students using a demonstration model assisted by the media candy in class IIC SDN 04 Nanga Pinoh. The subjects in this study were 20 students consisting of 9 pemale students and 11 male students. This research is a classroom action research with two cicles namely cicle I and cycle II. The object of this research is to increase the understanding of the concept of multiplication and division of students of IIC grade at SDN 04 Nanga Pinoh. Then the data collection techniques inthis study used observation and documentation, research instruments using student worksheets and lesson plan implementation sheets which could be assessed by looking for percentages obtained from observation sheets. Understanding of students` concepts increases after applying the demonstration model with the help of candy media, it can be seen in the first cycle that reached 35% and the achievement in the second cycle reached 90%. So there is an increase in the average from cycle I to II that is equal to 55%

 

Keywords: Concept Understanding, Demonstration Model, Candy Media

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika khususnya materi perkalian dan pembagian siswa menggunakan model demonstrasi berbantuan media permen di kelas IIC SDN 04 Nanga Pinoh. Subjek pada penelitian ini yaitu 20 siswa yang terdiri dari 9 orang siswa perempuan dan 11 orang siswa laki-laki. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Objek pada penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep perkalian dan pembagian siswa kelas IIC SDN 04 Nanga Pinoh. Kemudian teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan dokumentasi, instrumen penelitian menggunakan lembar kerja siswa dan lembar keterlaksanaan RPP yang dapat dinilai dengan mencari persentase yang diperoleh dari lembar observasi. Pemahaaman konsep siswa meningkat setelah diterapkan model demonstrasi dengan berbantuan media permen, dapat di lihat pada siklus I mencapai 35% dan pencapaian pada siklus II mencapai 90%. Sehingga adanya peningkatan rata-rata dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 55%.

 

Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Model Demonstrasi, Media Permen.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta

Heruman. (2014). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Huda, M. (2017). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Departemen Pendidikan Nasional. (2014). Permendikbud No 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 SMP/MTS. Jakarta: Kemendkbud

Susanto, A. (2013). Pembelajaran Matematika Di SD. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovativ Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Trianto. (2011). Definisi Konsep dan Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Samlawi, F & Maftuh, B. (2008). Pemahaman Konsep Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.46368/kjpm.v1i1.273

Article Metrics

Abstract view : 671 times
PDF - 883 times

Copyright (c) 2020 KHAWARIZM: Jurnal Pendidikan Matematika



Contact:

Jurnal Al-Khawarizmi email: jurnalalkhawarizmi2@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.