PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KUIS PADA MATERI STATISTIKA INFERENSIA

Authors

  • YUMI SARASSANTI IAIN PONTIANAK, Indonesia
  • ALI HASMY IAIN PONTIANAK, Indonesia
  • YULIA RAHMAWATI Z UNIVERSITAS TAMANSISWA PADANG, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/kjpm.v3i1.1354

Abstract

Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kuis pada materi statistika inferensia. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian survey, sampel penelitian ini diambil dari mahasiswa semester IV Program Studi Manajemen Dakwah IAIN Pontianak dengan Kelas A sebanyak 16 org dan kelas B sebanyak 20 orang. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil persepsi mahasiswa pada materi statistika inferensia secara garis besar termasuk berkategori baik dengan persentase 63,89% sangat setuju dan 56,21% setuju.

Kata Kunci : Persepsi, Kuis, Statistika Inferensia

 

Abstract: The purpose of this study was to determine students' perceptions of quizzes on inferential statistics material. This study used descriptive qualitative research with survey research methods. The research sample was taken from semester IV students of the Dakwah Management Study Program at IAIN Pontianak with 16 students in Class A and 20 students in Class B. The data collection technique used is a questionnaire. Based on the results of the study, it was found that the results of student perceptions on inferential statistical material were broadly included in the good category with a percentage of 63.89% strongly agreeing and 56.21% agreeing.

Keywords: Perception, Quiz, Inferential Statistics

References

Cahsanah, N.A.dkk. (2020)Analisis Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika Inferensial Ditinjau Dari Gaya Belajar Edumatica Jurnal Pendidikan Matematika. 10(2).45-56

Firmansyah, A.M. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Ata Kuliah Statistika Jppm (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Atematika)10 2 115-127

Haerudin .(2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika Inferensial Jurnal Lebesgue. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Matematika Dan Statistika. 1(3). 208-215

Sangila dan Jufri (2018). Deskripsi Kemampuan Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Iain Kendari Dalam Menganalisis Data Statistika. Jurnal Al-Ta’Dib. 11(1).109-126

Sapaliza, M. dkk. (2022). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Kuis Dalam Pembelajaran Metematika. Jurnal Pendidikan Matematika (Al Khawarizmi). 2 (1).1-4

Septinawati, D. Sarassanti, Y. (2023). Perbandingan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistik. Ujmes (Uninus Journal Of Mathematics Education And Science). 8 (1). 52-60

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Panggabea, S. Dan Harahap, Th. 2020. Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Quizizz Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Mes: Journal Of Mathematics Education And Science. 6 (1). 78-83

Downloads

Published

2023-01-11

How to Cite

SARASSANTI, Y., HASMY, A., & RAHMAWATI Z, Y. (2023). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KUIS PADA MATERI STATISTIKA INFERENSIA. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 19–22. https://doi.org/10.46368/kjpm.v3i1.1354

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>