BERFIKIR KREATIF MELALUI TEORI VAN HIELE PADA KONSEP VOLUME TABUNG

Authors

  • Iqbal Pratama Putra STKIP Melawi
  • Yumi Sarassanti
  • Novika Lestari

DOI:

https://doi.org/10.46368/kjpm.v1i1.276

Abstract

Abstrak : Tujuan Penelitian ini adalah melihat pengaruh berfikir kreatif siswa melalui teori Van Hiele pada konsep volume tabung. Penelitian iini merupakan penelitian kuantitatif yang mana menggunakan metode eksperimen one-group Pretest dan posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa kelas IXA SMP Negeri 2 Pinoh Selatan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh setelah diterapkannya pembelajaran berfikir kreatif melalui teori Van Hiele pada konsep Volume tabung, dengan memberikan soal yang berkaitan dengan indikator berfikir kreatif yaitu, Flexibility,Fluency ,Originality, Elaboration dengan melihat hasil Pretest & Posttest. Hasil Pretest siswa memiliki nilai rata-rata hanya 35,5. sedangkan hasil Posttest memiliki nilai rata-rata 64,68.

Kata Kunci : Berpikir Kreatif Melalui Teori Van Hiele, Konsep Volume Tabung.

Abstract: The purpose of this study is to look at influencestudents' creative thinking through Van Hiele's theory on the concept of tube volume.Quantitative research studies which use one-group pretest and posttest experimental methods. The subjects in this study were students of class IXA SMP Negeri 2 Pinoh Selatan. The results of this study indicate that there is an effect after the application of learning creative thinking through Van Hiele's theory on the volume of the tube concept, by giving questions related to indicators of creative thinking, namely, Flexibility, Fluency, Originality, Elaboration by seeing Pretest results & Posttest. Pretest results of students have only average grades35.5. while the Posttest results have an average value of 64.68.

Keywords : Creative Thinking Through Van Hiele's Theory, the Concept of Tube Volume.

References

Almu Noor Romadoni, M. Andy Rudhito. 2016. Strategi Siswa Dalam Mengerjakan Soal Kontekstual Dengan Pendekatanmatematika Realistik Topik Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 7 (1) : 91-99.

Diana,W. dkk.(2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Habits Of Mind Siswa Sma Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning. JES-MAT. 4 (2) : 122-123.

Endah ,D.S.dkk. (2017). Pengembangan Indikator 4 C’s Yang Selaras Dengan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika Smp/Mts Kelas Viii Semester 2. Kadikma. 8.(3):21-30.

Mohammad Faizal Amir .(2015).Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 35-36.

Ridwan , A.S. dkk. (2019). Soal Fisika Hots. Bepikir Kreatif, Kritis, Problem Solving. Malang : BUMI AKSARA

Rulli , A. dkk. (2018). Learning Obstacle Untuk Siswa Smp Materi Tabung Dan Kerucut. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 509-510.

Sugiyono. (2015) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : ALFABET

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi(Mixed Methods). Bandung: ALFABETA.

Utami Munandar. (1999). Kreatifitas dan Keberbakatan, Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: PT Gramedia Utama.

Yumi Sarassanti dan Mutazam . (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Mahasiswa PGSD Pada Materi Bangun Ruang di STKIP Melawi. Jurnal Pendidikan Dasar. 7 (2) : 133-138.

Downloads

Published

2021-01-14

How to Cite

Putra, I. P., Sarassanti, Y., & Lestari, N. (2021). BERFIKIR KREATIF MELALUI TEORI VAN HIELE PADA KONSEP VOLUME TABUNG. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 42–49. https://doi.org/10.46368/kjpm.v1i1.276

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>