KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL

Marsela Marsela, Yumi Sarassanti, Novika Lestari

Abstract


ABSTRAK

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap kemampuan koneksi matematis siswa di SMK Belian Permai Nanga Pinoh. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas XI Administrasi Perkantoran tahun ajaran 2020-2021 dengan jumlah 22 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre- Eksperimental Design (Non-designs) serta menggunakan desain penelitian One-Shot Case Study. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa hasil posttest yaitu 72. Diperoleh hasil uji normalitas dengan nilai sig yaitu 0,208 lebih dari 0,05 atau sig > 0,05 dan uji t diperoleh t_hitung yaitu 2,252 lebih dari t_tabel yaitu 2,0796. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh media audio visual terhadap kemampuan koneksi matematis siswa di SMK Belian Permai Nanga Pinoh.

Kata Kunci: Koneksi Matematis, Siswa, Media Audio Visual.

 

Abstrack: The purpose of this study is determine the influence of audio visual media on the mathematical connection capabilities of students at SMK Belian Permai Nanga Pinoh. The population in this study is students of grade XI Office Administration even semester 2020-2021 with a total of 22 students. This study uses type of Pre-Experimental Design (Non-designs) research as well as using one-shot case study research design. The results showed that the average of posttest students was 72. Obtained normality test result with a sig value that is 0,208 more than 0,05 or sig > 0,05 and the t test obtained t_count which is 2,252 more than the t_table that is 2.0796. The conclusion of this study is that there is an influence of audio visual media on the mathematical connection capabilities of students at SMK Belian Permai Nanga Pinoh.

Keywords: Mathematical Connections, Students, Audio Visual Media.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Azhar Arsyad. (2005). Media Pembelajaran.

PT. Raja Grafindo Persada. Baharuddin. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar- Ruzz Media

Hasan, H. (2012). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasan Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan transportasi pada siswa kelas IV SD Negeri 20 Banda Aceh. Pesona Dasar, 26.

Izzati, N. (2017). Pengaruh Kemampuan Koneksi Dan Disposisi Matematis Terhadap Hasil. EduMa Vol. 6 No. 2. 34.

NCTM. (2000). Principles And Standards For School Mathematics. United States Of America.

NCTM. (2000). Principles And Standards For School Mathematics. United States Of America.

Pradilasari L, dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Beljar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education).

Rosyidah, I dan Winarni. (2016). Efektifitas Metode Ceramah dan Audio Visual dalam Peningkatan Pengetahuan di SMENOREA pada Siswi SMA. Gaster.

Sarassanti Yumi dan Mutazam. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa PGSD pada Materi Bangun Ruang di STKIP Melawi. Jurnal Pendidikan Dasar.

Toheri dan Abdul Azis. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika pada Pembahasan Dimensi Tiga. Eduma, Vol 1, No 2.

Zainudin, A. D. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Peluang Ditinjau dari Koneksi Matematis. Siska Journal of Mathematics Education




DOI: https://doi.org/10.46368/kjpm.v1i2.436

Article Metrics

Abstract view : 174 times
PDF - 137 times

Copyright (c) 2021 AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika



Contact:

Jurnal Al-Khawarizmi email: jurnalalkhawarizmi2@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.