KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG PRISMA

Authors

  • Deka Wahyuni
  • Yumi Sarassanti
  • Rindah Permatasari

DOI:

https://doi.org/10.46368/kjpm.v1i2.437

Abstract

ABSTRAK

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan problem solving siswa kelas IX SMP Belian Permai Nanga Pinoh pada materi bangun ruang prisma.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode survei dengan pengambilan data tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Belian Permai yang berjumlah 43 siswa. Objek dari penelitian ini ialah kemampuan problem solving siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dalam bentuk soal essay.

Atas dasar hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan menguraikan informasi dan poin-poin penting yang didapat dari masalah yang diberikan, menerapkan dan menyesuaikan strategi yang akan digunakan untuk mengatasi masalah yang diberikan, mengatasi masalah strategi yang diterapkan dengan hasil yang tepat, serta memeriksa dan merefleksikan kebenaran hasil atau jawaban yang diberikan siswa kelas IX SMP Belian Permai masuk dalam kategori rendah.

 

Kata kunci: kemampuan problem solving, bangun ruang prisma

 

Abstract: The purpose of this study was to describe the problem solving abilities of class IX students of SMP Belian Permai Nanga Pinoh on the material of building prisms.

This research is a qualitative descriptive study that uses a survey method with data collection tests and interviews. The subjects in this study were class IX students of SMP Belian Permai, totaling 43 students. The object of this research is the problem solving ability of students. The instrument used is a test in the form of essay questions.

Based on the research results, it is known that the ability of describe the information and important points obtained from the given problem, apply and adjust the strategies that will be used to overcome the given problem, overcome the problem of the strategy applied with the right result, and check and reflect on the correctness of the results or answers given by class IX students. SMP Belian Permai is in the low category.

 

Keywords: problem solving ability, build prism space

Author Biographies

Deka Wahyuni

STKIP Melawi

Yumi Sarassanti

STKIP Melawi

Rindah Permatasari

STKIP Melawi

References

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Pambudi, D. S., & Kristiana, A. I. (2014). Penerapan Pendekatan Pemecahan Masalah Menurut Polya Materi Persegi Dan Persegi Panjang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswakelas VII B Smp Negeri 10 Jember Tahun Ajaran 2012/2013. KadikmA, 5(2), 1-10.

Nadhifah, G. &. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(1), 34-35.

Sugiyono. (2018) "Metode Penelitian Kualitatif untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Pambudi, D. S., & Kristiana, A. I. (2014). Penerapan Pendekatan Pemecahan Masalah Menurut Polya Materi Persegi Dan Persegi Panjang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VII B Smp Negeri 10 Jember Tahun Ajaran 2012/2013. KadikmA, 5(2), 1-10.

Sugiman, S., & Kusumah, Y. S. (2010). Dampak pendidikan matematika realistik terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 1(1), 41-52.

Mariam, S., Rohaeti, E. E., & Sariningsih, R. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa madrasah aliyah pada materi pola bilangan. Journal on Education, 1(2), 156-162.

Rahmadhani, D. A. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lingkungan Sekolah Terbaik Di Kota Pasuruan Menggunakan Metode WP (Weighted Product) Berbasis Website. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 1(1), 242-247.

Lestari, S. W. W., Sarassanti, Y., & Permatasari,

R. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Pada Konsep Sinus. Al

Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Sarassanti, Y., & Mutazam, M. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa PGSD Pada Materi Bangun Ruang di Stkip Melawi. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 133-139.

Downloads

Published

2021-07-30

How to Cite

Wahyuni, D., Sarassanti, Y., & Permatasari, R. (2021). KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG PRISMA. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 92–99. https://doi.org/10.46368/kjpm.v1i2.437

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>