LITERASI DIGITAL BAGI GURU DAN CALON GURU SEKOLAH DASAR SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN DAN PENELITIAN
DOI:
https://doi.org/10.46368/dpkm.v2i2.836Abstract
Banyak guru Sekolah Dasar yang belum memahami manfaat penyajian pembelajaran melalui perangkat IT khususnya para guru dan calon guru sekolah dasar di Nanga Pinoh Kabupaten Melawi, terutama hal-hal yang berkaitan bagaimana cara untuk memperoleh program-program yang tepat dan baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran digital dengan biaya yang murah dan mudah. Pelatihan literasi digital untuk guru dan calon guru sekolah dasar di Nanga Pinoh Kabupaten Melawi sangat diperlukan, agar guru terampil memperoleh dan memanfaatkan program-program pembelajaran berbasis teknologi digital serta menerapkannya di setiap pembelajaran. Pelatihan literasi digital yang dimaksud adalah bagaimana guru memanfaatkan situs pembelajaran melalui aplikasi play store pada hand phone android untuk memperoleh free books dan men-download berbagai materi atau media pembelajaran dengan youtube. Subjek sasaran kegiatan adalah 27 peserta dengan 22 guru SDN 28 Kelakik dan 5 calon guru sekolah dasar yaitu mahasiswa PGSD di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi. Berdasarkan hasil pengabdian masyarakat yang telah kami laksanakan dapat ditarik kesimpulan yaitu Pelatihan Literasi Digital yang diselenggarakan untuk guru dan calon guru sekolah dasar di Nanga Pinoh Kabupaten Melawi berlangsung dengan baik dan berjalan lancar, serta tujuan tercapai optimal. Terbukti dari peningkatan skor post-test dibanding post-test, serta tingkat kepuasan terhadap keseluruhan pelaksanaan pelatihan yang cukup tinggi dan memuaskan. Melalui subjek sasaran kegiatan pelatihan literasi digital ini dapat meningkatkan pengetahuan cara meningkatkan literasi pada guru dan calon guru sekolah dasar melalui program-program digital. Dengan demikian diharapkan guru sekolah dasar dan calon guru sekolah dasar menjadi agen perubahan yang modern dan berkeunggulan di tengah masyarakat.
References
Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., dan Putra, A. B. N. R. Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 3(2), 98-104.
Belshaw, D. A. J. 2012. What Is 'Digital Literacy'? : A Pragmatic Investigation. ISNI: 0000 0004 2712 7386. Durham University.
Muliawaty, L. (2019). Peluang Dan Tantangan Sumber Daya Manusia Di Era Disrupsi. Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi, 10(1), 1–11. https://doi.org/10.23969/kebijakan.v10i1.1416