Pelatihan Analisis Data Penelitian Pendidikan Bagi Guru dan Calon Guru di Kabupaten Melawi

Waridah Waridah, Mardiana Mardiana

Abstract


Pengabdian ini merupakan kegiatan pelatihan analisis data penelitian pendidikan yang bertujuan untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan dan kemampuan guru dan calon guru dalam mengolah data di dalam metode penelitian. Pengabdian ini dilakukan atas dasar banyaknya permasalahan ketidakmampuan guru dan calon guru dalam melakukan pengolahan data dan menganalisis data hasil olahan. Dengan adanya kegiatan pengabdian ini diharapkan guru dan calon guru lebih memahami dan mampu melakukan pengolahan data statistik dan menganalisisnya. Tujuan PkM ini antara lain: 1) Menanamkan keterampilan melakukan penelitian untuk jenjang karir, 2) Memperkenalkan jenis-jenis analisis data penelitian kepada guru dan calon guru untuk menambah wawasan, 3) Meningkatkan pengetahuan/pemahaman pada guru dan calon guru yang mengikuti pelatihan tentang jenis-jenis analisis data penelitian dan penggunaannya, dan 4) Guru mampu menentukan relevansi jenis penelitian dan jenis analisis data yang mereka gunakan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terbagi menjadi tiga jenis kegiatan yaitu: 1) Penyuluhan, 2) Pelatihan, dan 3) Pendampingan. Khalayak sasaran adalah guru-guru dan calon guru, Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi. Jumlah sasaran sebanyak 47 orang. Pelaksanaan pelatihan analisis data penelitian pendidikan ini berjalan dengan cukup efektif dan sangat bermanfaat bagi peserta. Hal tersebut dilihat dari antusiasme peserta dalam sesi diskusi dan tanya jawab terutama berkaitan dengan penggunaan rumus pada analisis data kuantitatif khususnya statistik inferensial.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.46368/dpkm.v2i2.832

Article Metrics

Abstract view : 141 times
PDF - 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________ 

Lisence:

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.