PELATIHAN PEMBUATAN E-LEARNING BERBANTUAN ISPRING PRESENTER DI KABUPATEN MELAWI

Rindah Permatasari, Aprima Tirsa, Kurnia Dyah Anggorowati, Waridah Waridah, Sukristin Sukristin

Abstract


Seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dan komunikasi (IPTEK) yang berkembang pesat serta pandemi Covid-19 yang mewabah hampir diseluruh pelosok tanah air tak terkecuali Kabupaten Melawi, Kalimantan barat menyebabkan seluruh pendidik harus berinovasi agar tetap dapat menjalankan kewajiban sebagai pengajar. Berkaitan dengan masalah tersebut, untuk meningkatkan kompetensi guru di Kabupaten Melawi, maka dilaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yaitu pelatihan pembuatan E-Learning berbantuan Ispring Suite. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dan mengetahui respon guru-guru di kabupaten Melawi tentang penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam merancang media pembelajaran yang interaktif dan inovatif, dengan menggunakan Ispring Presenter. Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama tiga kali pertemuan secara online dengan bantuan aplikasi zoom meeting. Metode yang dilaksanakan yaitu presentasi, diskusi dan praktek langsung pembuatan E-Learning berbantuan Ispring presenter serta presentasi hasil karya peserta. Instrument untuk melihat peningkatan kompetensi/pengetahuan guru dalam pembuatan media pembelajaran elektronik berbantuan ISpring Presenter adalah angket pretest dan posttest. Hasil kegiatan menunjukan peserta mendapatkan pengetahuan dan wawasan dalam pembuatan media pembelajaran yang interaktif dan inovatif dengan menggunakan ISpring presenter.

Full Text:

PDF

References


Agustin, Mubiar. (2011). Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran Panduan untuk Guru, Konselor, Psikolog, Orang Tua, dan Tenaga Kependidikan. Bandung: PT Refika Aditama

Efraim , T. (2006). Pengertian E-Learning. Yogyakarta : Andi Offset

Hernawati, Kuswati. (2021). Modul Pelatihan Ispring Presenter. Modul (Online), (http:/stafnew.uny.ac.id/uploud/132309677/p engabdian/modul-ispring-presenter.pdf)

Kusuma, N.R., Mustami, M.K. Jumadi, O. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Power Point Ispring Suite 8 Pada Konsep Sistem Ekskresi Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal UNM, Vol. IV, No. 1 (7-13).

Sembel, Roy. (2004). Yang Perlu Anda Tahu tentang E-learning (Online), http://www.sinarharapan.co.id/ekonomi/mandiri/2004/021 7/man01.html

Siahaan, S. (2004). E-Learning (Pembelajaran Elektronik) sebagai salah satu alternatif kegiatan pembelajaran. Jurnal Pendidikan 42.

Tafiardi. (2005). Meningkatkan mutu pendidikan melalui e-learning. Jurnal Pendidikan Penabur - No.04/ThIV/Juli 2005.




DOI: https://doi.org/10.46368/dpkm.v2i1.510

Article Metrics

Abstract view : 157 times
PDF - 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________ 

Lisence:

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.